12 Kiat Awet Sehat Ala Suparni, Nenek Usia 117 Tahun

0
68
Kiat Awet Sehat Ala Suparni
Foto: Bayu BS / Tabloid Nyata

Nenek bernama Suparni yang oleh warga sekitar dipanggil Mbah Suparni ini memang tengah viral di media sosial. Berusia 117 tahun, namun kondisinya masih sangat sehat.

Kula sampun sekeco ten mriki. Benter, adem, lan jawah, kulo inggih tetep ten mriki (Saya sudah nyaman tinggal di sini. Panas, dingin, dan hujan, saya tetap di sini, red),” kata Suparni. ”Di sini tidak ada nyamuknya, karena nyamuk tidak mau sama saya, badan saya pahit,” imbuhnya, masih dalam bahasa Jawa, pada Nyata.

Gaya hidup dan prinsip-prinsip nenek berusian 117 tahun ini memang luar biasa. Seperti ini kiat awet sehat ala Suparni:

1Bekerja keras

2Mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat

3Rutin bersilahturahmi

4Rajin jalan kaki

5Berbagi pada sesama

6Kurangi konsumsi nasi

7Perbanyak makan sayuran

8Tidak bergantung pada obat-obatan kimia

9Pilih ramuan herbal yang aman

10Hilangkan rasa iri dan dengki

11Selalu bersyukur

12Tidak mengambil hak orang lain

”Makan itu harus, tapi kalau berlebihan tidak bagus. Hampir setiap pagi saya minum wedang teh dan biskuit sudah kenyang, tidak perlu makan nasi. Kalau siang dan malam juga begitu, kalau sudah kemasukan camilan, saya sudah kenyang,” terangnya.

Mbah Suparni, Nenek 117 Tahun Asal Kulon Progo Meski usianya sudah 117 tahun, Mbah Suparni tetap memiliki ingatan, pendengaran, dan penglihatan … [Read More]

Berkat gaya hidup seperti itulah, Suparni tak pernah mengidap penyakit yang serius. ”Penyakit saya itu biasanya batuk, kalau sudah begitu saya minum seduhan daun sirih, besoknya sudah sembuh. Terkadang badan meriang, saya minumi wedang uwuh, kembali sehat lagi,” ucap Suparni. *bas/adi/fel