Tips Menjaga Anak Ketika Bermain Pokemon Go

0
80

Saat ini, aplikasi permainan Pokemon GO menjadi salah satu aplikasi yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan. Mulai dari penggemar lama dari seri ini (yang pastinya lahir di tahun 90-an) hingga anak-anak yang memiliki smartphone Android dan iOS. Apakah anak Anda juga merupakan salah satu yang ikut keranjingan bermain game ini? Mungkin game ini bisa dimainkan semua orang, namun Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa konsekuensi yang bisa terjadi.

Di Amerika sempat terjadi beberapa tindak kriminal dan kecelakaan yang ada karena game ini. Perlu diketahui bahwa pemain Pokemon GO harus berjalan di dunia nyata untuk bisa mencari makhluk bernama Pokemon dengan smartphone mereka. Sehingga, banyak sekali orang yang tidak melihat jalan saat bermain atau bahkan menyetir namun dengan menggunakan alat komunikasi. Bayangkan bila anak Anda dalam posisi bermain dan tidak memperhatikan jalan? Tentunya hal ini akan menjadikan kekhawatiran sendiri bagi Anda bukan? Tetapi bukan berarti Anda harus menyuruh anak Anda untuk berhenti karena permainan ini dapat menjadikan anak yang biasanya kurang suka berolahraga untuk terus berjalan, dan juga mereka bisa menemukan banyak teman baru berkat permainan ini.

Agar bermain tetap lancar dan hati Anda tidak was-was, ikuti tips-tips berikut ini supaya anak Anda tetap aman ketika bermain.

Kalau Bisa, Temani Anak Bermain Pokemon Go di Luar

Anak Anda akan berjalan ketika bermain, tidak ada salahnya untuk selalu menemaninya bukan? Terutama bila ia bermain game di pagi atau sore hari setelah Anda pulang kerja. Selain bisa mendekatkan diri dengan anak, Anda juga akan bisa menjaga badan agar lebih sehat. Selain itu, dengan menemaninya, Anda akan bisa menjaganya dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Beri Pengertian Bahwa Anak Tidak Boleh Mengganggu Privasi Orang Lain

Pokemon GO memiliki sensor yang bisa menggetarkan smartphone saat ada Pokemon di sekitar pemainnya. Bisa jadi anak Anda menemukan Pokemon di tempat yang mengganggu privasi orang lain seperti rumah tetangga atau di dalam pos polisi. Sebaiknya Anda memberi pengertian kepada anak Anda bahwa meskipun bermain, tetapi ada hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan untuk mendapatkan Pokemon tersebut. Anda pasti tidak mau anak Anda menerobos masuk ke dalam pos polisi hanya karena ingin menangkap Pokemon bukan? Bila ia benar-benar menginginkannya karena memang ada beberapa Pokemon yang sangat langka, sebaiknya Anda temani ia untuk meminta izin masuk ke area tersebut kepada siapapun pemiliknya.

Sumber gambar: The Verge

Larang Untuk Bermain di Dalam Kendaraan, Termasuk Saat Bersepeda

Meskipun hanya duduk manis di dalam mobil, terkadang ada hal yang membuat pemain Pokemon GO cukup berbahaya. Beberapa dari pemain cenderung berteriak untuk meminta kendaraan segera berhenti saat mereka mendapati sensor Pokemon bergetar dan hal ini bisa membuat kaget Sang Pengemudi dan menjadi pemicu kecelakaan. Ada juga yang nekat bermain saat bersepeda pancal, dan tentunya hal ini sangat berbahaya. Saya sarankan untuk melarang mereka bermain saat berada di dalam/saat berkendara. Anda bisa memberi pengertian bahwa hal tersebut bisa memicu terjadinya kecelakaan yang merugikan banyak pihak.

Tidak perlu melarang anak untuk berhenti bermain sepenuhnya, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk menemani anak bermain game yang sedang populer ini!