Akhir pekan biasanya tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Jika anak sedang tidak punya kegiatan lain, momen tersebut bisa digunakan untuk kegiatan bersama yang menanamkan nilai kedisiplinan kepada mereka. Misalnya, menyuruh anak membersihkan kamar mereka sendiri. Tak jarang, anak akan menolak ataupun berontak ketika disuruh membereskan kamar mereka. Tapi sebenarnya ada beberapa cara untuk memotivasi anak melakukan hal tersebut. Seperti apa? Baca caranya di bawah ini!

3 Cara Mudah Untuk Merapikan Barang Milikmu – Tabloid Nyata Barangmu sering berserakan tidak karuan? Ingin membeli organizer tapi terlalu mahal? Tiga … [Read More]

1Jadilah Contoh yang Baik

Sumber foto: Parents

Menjadi contoh untuk anak-anak selalu menjadi langkah pertama yang baik. Anak cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orangtua mereka. Apakah meja kerjamu di rumah rapi dan bersih? Apakah Anda menjaga barang-barangmu tetap rapi? Jika iya, langkah berikutnya akan lebih mudah, karena anak-anak melihat orangtua mereka pun menjaga kerapian dan kebersihan rumah.

2Buat Anak Merasa Memiliki Kamar Mereka Sendiri

Sumber foto: Parents

Jika merasa suatu tempat dikhususkan baginya–kamar ataupun kotak dan lemari mainan–anak-anak akan lebih termotivasi untuk menjaganya tetap bersih dan rapi. Jadi, biarkan anak-anak mengatur kamar mereka sendiri. Mulai dari tata letak perabotan, mewarnai kotak atau laci mainan, hingga atau memilih seprai sendiri.

4 Kemudahan Mendidik Anak Kedua yang Didapat Karena Anak Sulung Mendidik anak kedua biasanya lebih mudah dari anak pertama ya? Tahukah Anda … [Read More]

3Beri Tempat yang Pasti untuk Berbagai Hal

Sumber Foto: WebMD

Akan lebih membantu jika anak-anak memiliki tempat tertentu untuk barang-barang mereka. Berikan kotak khusus untuk mainan atau barang yang suka mereka gunakan. Kalau perlu, beri tanda atau label untuk barang yang sering dipindahkan. Dengan begitu, anak-anak jadi tahu ke mana harus merapikan barang-barangnya.

Lakukan Pekerjaan Bersama-sama

anak membersihkan kamar
Sumber Foto: Pinterest

Lebih baik Anda ikut turun tangan membantu anak-anak, ketimbang sekadar menyuruh-nyuruh sembari duduk di sofa. Mereka akan lebih bersemangat karenanya dan Anda bisa menunjukkan cara terbaik dan tercepat bagi anak membersihkan kamar.

Perlahan-lahan mereka akan paham dan mampu melakukannya tanpa Anda. Kegiatan bersama tersebut merupakan kesempatan untuk mengobrol lebih banyak dengan anak, yang pada saat lain sering terhalang oleh kesibukan bekerja.

5 Karakter yang Harus Dimiliki Orang Tua Untuk Mencetak Anak Sukses – Tabloid Nyata Tahukah Anda bahwa ada beberapa karakter yang harus dimiliki orang tua untuk … [Read More]

Beberapa saran di atas sudah pernah Anda coba? Atau mungkin Anda punya cara lain yang pernah Anda gunakan untuk mendorong anak membersihkan kamar mereka sendiri? Jangan lupa share di kolom komentar ya!