Bagi pembaca Nyata yang baru saja mendapatkan pekerjaan baru mungkin pernah merasakan masa-masa transisi yang agak canggung di tempat kerja baru. Ini memang hal yang wajar dan akan segera berlalu seiring dengan waktu dan semakin mengenal rekan-rekan sekantor. Tapi, bagi pembaca Nyata yang mungkin merasa terlalu canggung atau ingin melewati fase ini sedikit lebih cepat, berikut ini Echa berikan sedikit tips untuk melewati bulan-bulan pertama di tempat kerja.

1Berusahalah untuk mengobrol santai

Tempat kerja baru
Sumber foto: Cancer and Work

Mungkin ini tips yang sudah sering pembaca Nyata dengar, tapi memang bisa digunakan untuk mencairkan suasana dalam situasi apapun. Awalnya akan terasa canggung, tapi cobalah untuk berkumpul dengan teman sekantor di tempat mereka nongkrong bersama. Mulailah dengan topik yang tidak terlalu sensitif, seperti pengalaman kerja mereka sebelumnya atau film yang mereka suka. Memulai hubungan yang baik sejak awal bisa mendorong kerja sama yang baik di masa depan.

2Jadilah pendengar yang baik

Terutama jika diajak bicara oleh atasan, jangan mencoba memotong atau membenarkan ucapannya sekalipun kamu tahu bahwa kalimat atasan memang salah. Tunjukkan bahwa kamu memang mendengarkan. Menggangguk dan berseru setuju pada saat yang tepat, dan berilah komentar ketika diminta. Sebagai karyawan baru, prioritas pertama adalah untuk diterima dan menjadi teman bicara yang asyik bagi rekan dan juga atasan. Tempatkanlah debat atau argumen pada daftar prioritas paling bawah.

Baca juga: 5 Cara Berpakaian Agar Terlihat Langsing

3Mulailah membangun koneksi di tempat kerja baru

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam pekerjaan, dan kepuasan dalam bekerja adalah nilai dari koneksi yang kita miliki. Mulailah membangun koneksi dengan rekan kerja yang berada satu ruangan atau departemen denganmu, dan pastikan kamu mengingat nama dan hal-hal kecil tentang mereka. Sediakan juga waktu untuk membangun koneksi dengan orang-rang dari departemen lain, walau pekerjaan mereka tidak terlalu terkait denganmu. Hal kecil yang kamu lakukan sekarang, bisa memberikan timbal balik yang sangat menguntungkan di masa depan.

4Carilah prestasi-prestasi kecil

Tempat kerja baru
Sumber foto: Gistsmill

Kamu tidak perlu terburu-buru membuat prestasi besar, untuk membuat atasan senang. Mulailah dengan mengerjakan tugas harian yang diserahkan kepadamu, tunjukkan bahwa kamu memang mampu dan perusahaan tidak salah memilihmu. Ajukanlah diri jika atasan merencanakan tugas atau proyek baru, dan usahakan kamu menyelesaikan tugas tersebut secepat dan sebaik mungkin. Dengan menyelesaikan tugas-tugas kecil dengan memuaskan, kamu akan lebih dipercaya untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang lebih besar.

Baca juga: Tidak Perlu Mahal, 4 Fashion Item 2017 Ini Murah dan Mudah Ditemukan

Bagaimana pembaca Nyata? Semoga sedikit saran dari Echa di atas bisa sedikit melancarkan masa transisimu di tempat kerja baru. Atau mungkin kamu punya saran dan pengalaman sendiri dalam menangani masa-masa sebagai anak baru di kantor? Share pengalamanmu di kolom komentar ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here