Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kekhawatiran para Mom adalah tentang eksposur teknologi kepada buah hati yang masih berumur belia. Hal ini memang tidak terelakan dan teknologi pun sebenarnya bisa diambil sisi positifnya lho, Mom! Lalu apa ya kira-kira solusi menjaga buah hati dari eksposur negatif teknologi?

1Mom harus mau belajar

Tidak harus mengetahui seluk beluk yang dalam, namun Mom wajib melek teknologi. Mom tidak boleh buta karena banyak sekali hal-hal di luar sana yang kurang pantas untuk dilihat oleh buah hati yang masih belia. Belajar memang terkadang tidak mudah, namun untuk anak sendiri, apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh Mom?

2Sebaiknya memberikan pengertian ketika terjadi hal yang kurang pantas

Mom yang merasa kurang paham dengan teknologi dan memiliki keterbatasan untuk mempelajarinya bisa lho menemani buah hati ketika mereka menggunakannya. Awasi apa yang ia lihat dan sebisa mungkin perhatikan hal-hal yang muncul di dalam layar gadget. Ketika terlihat hal-hal yang kurang pantas, Mom sebaiknya menghindari untuk membentak Si Kecil karena Mom harus tahu, terkadang iklan yang kurang pantas muncul dengan cara tiba-tiba dan Si Kecil tidak sengaja kedapatan iklan tersebut.

Baca juga: Film Masa Kecil Mom yang Ternyata Kurang Cocok Ditonton Anak

Si Kecil tidak salah tentunya, dan ketika Mom membentaknya, hal ini akan bisa menjadi trauma tersendiri pada Si Kecil. Kalau ia langsung sadar bahwa hal tersebut tidak pantas itu memang baik, namun bisa jadi terjadi adanya rasa “kalau mau buka yang seperti ini, jangan sampai ketahuan Mama deh.”

Mom tidak mau kan bila Si Kecil mulai main rahasia dengan Mom di usia yang cukup muda? Sebaiknya Mom berikan pengertian bahwa hal tersebut tidak pantas untuk dilihat, dan juga berikan alasannya mengapa. Dengan begitu, buah hati Mom akan lebih paham tentang apa yang pantas dan ini bisa jadi membuatnya lebih dekat dengan Mom.

3Kunci Aplikasi Selain yang Diperuntukkan untuk Si Kecil

Bagi Mom yang sudah cukup melek dengan teknologi, Mom bisa lho memberikan kunci atau password pada aplikasi-aplikasi yang menurut Mom tidak cocok untuk digunakan oleh Si Kecil. Bagi Mom yang belum tahu caranya, Mom bisa tanya kepada orang lain. Intinya, jangan sampai malu bertanya dan berhenti belajar tentang hal-hal yang populer di kalangan buah hati.

Baca juga: Cara yang Baik Untuk Mengasuh Anak Perempuan di Masa Kini

Kita tidak bisa memberhentikan arus perubahan, yang bisa Mom lakukan adalah memahami bagaimana arus tersebut bekerja. Mom perlu sadar bahwa memang tugas orang tua adalah untuk menjaga dan mendidik buah hati. Menghindari sesuatu terkadang tidak menghasilkan hal yang baik, solusi menjaga buah hati dari eksposur negatif teknologi bisa dilakukan dengan cara belajar tentang hal tersebut dan mendampingi buah hati.

Apakah Mom punya kiat sendiri dalam menjaga Si Kecil dari arus negatif teknologi? Share solusi Mom di kolom komentar yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here