Tampaknya Marvel kini memiliki jagoan baru yang mendatangkan pundi-pundi dollar untuk mereka. Jawara baru di Marvel Cinematic Universe itu adalah Doctor Strange, yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Dari hasil perhitungan, pendapatan Doctor Strange (2016) secara total mengalahkan Iron Man (2008). Hal ini menjadikannya sebagai film debut superhero dengan pendapatan paling tinggi di MCU. Film yang disutradarai oleh Scott Derrickson tersebut berhasil meraup 616 juta dollar Amerika (sekitar 8 trilyun rupiah), terhitung dari penjualan tiket di seluruh dunia sejak awal dirilis. Tentu hal ini membuat bangga semua pemerannya.

Di Amerika Utara sendiri, film yang menceritakan sosok karakter sorcerer supreme bernama Stephen Strange ini sendiri diperkirakan meraup 205,1 juta dollar Amerika minggu ini. Sedangkan untuk pendapatan di luar Amerika mencapai 410,9 juta dollar Amerika.

Untuk pasar Asia, terutama China dan Korea, pendapatan Doctor Strange berkisar antara 109,6 juta dan 40,9 juta dollar Amerika. Pasar Jepang belum dihitung, karena filmnya baru akan ditayangkan pada Januari mendatang. Selain kawasan tersebut, film superhero yang menceritakan tentang ahli sihir ini berhasil meraup 27,5 juta dollar Amerika di pasar Inggris, 21,9 juta dollar Amerika di Rusia, dan 20,9 juta dollar Amerika di Brazil.

pendapatan doctor strange

Dibandingkan Doctor Strange, film Iron Man tercatat meraup total pendapatan sekitar 585 juta dollar Amerika. Selain Iron Man, film Doctor Strange juga mengalahkan beberapa film debut superhero lainnya, seperti The Incredible Hulk (263 juta), Thor (450 juta), The Captain America: The First Avenger (370 juta), dan Ant-Man (519 juta).

Film Doctor Strange juga mendapatkan penghargaan Hollywood Visual Effects Award pada acara Hollywood Film Awards tahun ini. Dalam hal ini, pemenangnya adalah penanggung jawab bagian animasi dan visual effect Stéphane Ceretti dan Richard Bluff.

Doctor Strange dirilis secara global pada 4 November 2016 lalu. Film ini dimeriahkan oleh sejumlah aktor terkenal seperti Benedict Cumberbatch, Rachel McAdams, dan Chiwetel Ejiofor. (*)