Sudah pernah dengar lagu Issues? Lagu lansiran awal tahun ini dinyanyikan oleh Julia Michaels. Meski dibilang pendatang baru, karya lajang 23 tahun ini tuai respons positif dari masyarakat. Nielsen Music mencatat, Issues termasuk lagu favorit pendengar sejak awal 2017.

Single debut ini didengarkan lebih dari 140 juta kali di Spotify, masuk Top 5 iTunes Top Pop Songs Chart, dan mendapat platinum oleh RIAA (Recording Industry Association of America, red) setelah tiga bulan rilis lagu. Kemungkinan besar, Entertainment Weekly juga akan menyematkan album mini Julia yang akan datang dalam daftar Album Yang Paling Ditunggu tahun ini.

Prestasi tak berhenti di situ saja. Keberhasilan Julia sebagai penyanyi mendapat pengakuan dari Billboard. Ia termasuk daftar Artists to Watch di tahun 2017. Apple memasukkan namanya dalam New Artist of the Week. Bahkan, Forbes menempatkan nama Julia dalam 30 Under 30: Music List, yakni 30 penyanyi yang dianggap sukses di bawah umur 30.

@johanneslovund is the best photographer. ❤️

A post shared by Julia Michaels (@juliamichaels) on

Awalnya, penyanyi yang terlahir dengan nama Julia Carin Cavazos ini memulai karir sebagai penulis lagu. Seperti yang dilansir billboard.com, ia berujar, ”Aku ingat ketika aku sangat suka dengan kata-kata. Kemudian, aku langsung menulisnya. Semuanya aku jadikan melodi untuk mengingat sesuatu. Seperti nomer kartu langganan perpustakaan.”

Gaya musik Julia merupakan campuran dari musik eklektik Talking dan Depeche Mode sampai ‘N Sync dan Christina Anguilera. Kreativitasnya makin terasah saat adiknya membentuk sebuah grup band. Hampir semua lagu grup tersebut ditulis oleh Julia.

Julia mulai diperhitungkan menjadi penulis lagu ketika berkolaborasi bersama Justin Tranter, seorang penulis lagu terkenal di Amerika. Mereka bersama-sama menciptakan lagu untuk Gwen Stefani dan Britney Spears.

A Star is Born Debut Film Pertama Lady Gaga Bersama Bradley Cooper A Star is Born, jadi debut film Lady Gaga pertama bersama Bradley … [Read More]

Karir Julia pun berlanjut. Slow Down-nya Selena Gomez ia tulis saat berusia 19 tahun. Ia juga menjadi co-writer lagu Selena Gomez yang berjudul Good For You bersama lima penulis lagu lain. Tak ketinggalan, Love Myself-nya Hailee Steinfeld dan Sorry milik Justin Bieber juga ia kerjakan. Lagu-lagu tersebut sukses di pasaran.

Kesempatan Julia untuk menjadi penyanyi datang saat presiden Republic Group, salah satu label rekaman terkenal di Amerika, memperhatikannya selama sesi demo lagu Love Myself­ milik Hailee Steinfeld. Awalnya, ia menolak mentah-mentah. Alasannya, saat itu ia tidak ingin menjadi pusat perhatian.

Singkat cerita, saat menulis lirik lagu Issues, Julia Michaels mendapat firasat bahwa ia sendiri yang harus menyanyikannya. ”Lagu ini seperti kisahku. Mungkin ini adalah pertanda. Mungkin aku mau melakukan sesuatu yang berbeda,” kenangnya.