Mengenang Film Roger Moore Selain James Bond

Siapa sangka ia pernah jadi Sherlock Holmes?

0
264

Nama lengkapnya Sir Roger George Moore, Knight Commander of the Order of the British Empire. Masyarakat dunia mengenalnya sebagai Roger Moore, aktor ketiga yang memerankan agen rahasia legendaris James Bond. Ia kemarin meninggal dunia dalam usia 89 tahun.

Serunya Roger Moore sebagai James Bond, mestinya semua orang tahu. Bagaimanapun, ia memegang rekor sebagai aktor yang paling banyak memainkan agen berkode 007 tersebut. Tapi, kiprah Moore dalam film-film lain ternyata cukup menarik untuk disimak.

Berikut sejumlah film Roger Moore, yang mempengaruhi ataupun dipengaruhi oleh perannya yang ikonik sebagai jagoan dinas rahasia Inggris itu…

1
Ksatria Inggris di zaman menghilangnya Raja Richard.

Ivanhoe (1958-1959)

Setelah berjuang beberapa tahun dalam peran-peran kecil, Roger Moore akhirnya mendapat posisi utama dalam serial televisi Ivanhoe. Kisah ini diadaptasi dari novel abad XIX, tentang ksatria bernama Sir Wilfred of Ivanhoe (diperankan Moore) yang hidup pada negeri dan zaman yang sama dengan Robin Hood.

Jadi ksatria pembela kebenaran, inilah langkah awal Roger Moore sebagai jagoan film.

2
Simon Templar, sosok Robin Hood modern yang ahli mencuri.

The Saint (1962-1969)

Pencuri budiman Simon Templar dari kisah The Saint cukup dikenal di Indonesia. Serial Return of the Saint pernah ditayangkan TVRI dalam dekade 1980an, lalu film The Saint—dibintangi Val Kilmer—hadir di bioskop pada 1997.

Tapi sebelum itu semua, Roger Moore-lah yang pertama memerankannya, dalam serial The Saint yang bertahan selama tujuh tahun di televisi. Penampilannya dalam film inilah yang membuat Roger Moore diincar untuk memerankan James Bond.

3
Sherlock Holmes dengan setelan dan topi khasnya.

Sherlock Holmes in New York (1977)

Saat ini, peran Sherlock Holmes nyaris identik dengan aktor Benedict Cumberbatch. Tapi dulu, Roger Moore pernah jadi salah satu dari sekian banyak aktor yang pernah memainkan sosok detektif nomor wahid itu.

Bisa dilihat dari judul Sherlock Holmes in New York, diceritakan bahwa Sherlock bersama Dr. John Watson menyeberang Samudera Atlantik untuk memecahkan kasus di sana. Hadir pula tokoh familiar seperti Profesor Moriarty dan Irene Adler.

13 Selebriti yang Meninggal Tahun 2016 ini Adalah Legenda Selain Carrie, tahun 2016 sebelumnya telah memulangkan banyak selebriti legendaris kepada Yang Kuasa. … [Read More]
4
Yang memegang senjata adalah Telly Savalas, salah satu aktor yang pernah memerankan Blofeld.

Escape to Athena (1979)

Roger Moore kali ini jadi Mayor Otto Hecht, perwira Jerman dalam Perang Dunia II. Sang perwira diceritakan tidak sebrutal rekan-rekannya dalam menghadapi warga pendudukan.

Menariknya, dalam film ini Moore tampil bersama Telly Savalas (pemeran Ernst Stavro Blofeld—musuh terberat James Bond) dan David Niven (pemeran James Bond dalam film “tidak resmi”).

5
Gaya berantem James Bond pun ditampilkan dalam film ini.

The Cannonball Run (1981)

Ini film bertema balap mobil lintaskota, yang memajang sederetan aktor-aktris ternama. Roger Moore berbagi layar dengan Burt Reynolds, Farah Fawcett, Dean Martin, Sammy Davis Jr., dan Jackie Chan.

Lucunya, meski di awal karakternya tampil dengan nama lain, ternyata Roger Moore berperan sebagai dirinya sendiri, yaitu aktor yang memerankan James Bond. Gaya sang agen rahasia pun sengaja diusung mentah-mentah ke dalam film ini.

6
Roger Moore (kanan) memberi wejangan kepada van Damme.

The Quest (1996)

Cukup lama pensiun dari James Bond, Roger Moore sudah semakin tua. Ia bermain film bersama aktor laga yang ketika itu juga mulai berumur, yaitu Jean-Claude van Damme.

Berperan sebagai pendukung tokoh utama, aura Moore sebagai “mantan jagoan” cukup terasa dalam film The Quest ini.

Ibu Princess Leia Star Wars Berpulang Sehari Setelah Dirinya Kesedihan keluarga dari pemeran Princess Leia Star Wars belum usai, tetapi rupanya … [Read More]
7
Berperan jadi boss para gadis Spice Girls.

Spice World (1997)

Ketika grup Spice Girls masih sangat populer, mereka tampil dalam film Spice World sebagai diri mereka sendiri. Dalam film layar lebar tersebut, diceritakan bahwa Posh Spice dan kawan-kawan punya boss yang dipanggil sebagai Chief. Peran boss ini diberikan kepada Roger Moore.

Ia tampil cuma sebentar, tapi karakternya yang eksentrik mudah diingat para penonton.

8
Sir Roger Moore berakting sebagai Duke Edward of Castlebury.

A Princess for Christmas (2011)

Sebagaimana disebutkan di awal artikel ini, Roger Moore sudah punya gelar kebangsawanan Inggris. Tak heran jika ia kemudian berperan sebagai seorang aristokrat tua dalam film A Princess for Christmas.

Film komedi romantis yang dipenuhi aktor-aktris belia ini merupakan penampilan terakhir Roger Moore di layar lebar.