Simpan saja dokumennya ke e-mail atau dropbox, biar tidak hilang,” Kalimat ini sepertinya tidak asing lagi di telinga para pembaca. Terlebih pembaca yang berhubungan langsung dengan dokumen digital yang sifatnya tidak boleh hilang, penyimpanan dengan sistem tersebut kurang lebih sama dengan sistem yang diterapkan dalam iCloud. iCloud sendiri adalah sebuah jasa penyimpanan yang diberikan oleh merek Apple kepada para pengguna gadget mereka, dengan jaminan bahwa semua dokumen yang disimpan di dalam iCloud tidak akan bisa dilihat oleh orang lain kecuali pemilik gadget tersebut. Namun ternyata, hal ini tidak selamanya berlaku.

Foto selebriti dicuri sudah pernah terjadi sebelumnya

Beberapa tahun lalu dunia dihebohkan dengen peretasan atau hacking dari foto-foto selebriti perempuan yang seharusnya tersimpan secara aman dalam iCloud, dan tahun ini kejadian serupa terulang kembali.

Bila sebelumnya Leah Michelle menjadi salah satu korbannya, kini giliran Emma Watson dan Amanda Seyfried yang kena getahnya.

Foto selebriti di hack

Foto-foto pribadi mereka berdua tereskpos ke forum-forum online seperti Reddit dan 4chan. Kedua forum ini adalah forum yang mengizinkan penggunanya untuk bergerak sebagai anonim, sehingga tidak bisa diketahui siapa sebenarnya orang di balik komentar anonim tersebut kecuali bila dilakukan investigasi mendalam oleh pihak berwajib.

Sudah dilakukan tindakan

Foto selebriti di hack

Menurut Huffington Post dan TMZ, foto yang dicuri dari Emma memperlihatkan dirinya ketika melakukan fitting yang sifatnya privat untuk sebuah baju beberapa tahun lalu, dan dipastikan oleh Techcrunch bahwa pemotretan yang dilakukan Emma bukanlah pemotretan tanpa busana. Beda halnya dengan foto Amanda, foto yang tersebar dari aktris 31 tahun ini adalah foto dirinya yang sedang intim dengan pacarnya dan Amanda sudah meminta khalayak untuk tidak menyebarkan foto pribadi tersebut.

Baca juga: Emma Watson Tidak Mau Selfie Dengan Penggemar

Ancaman sempat datang untuk Emma

Foto selebriti di hack

Sebelumnya pada tahun 2015, Emma Watson pernah diancam bahwa seseorang akan menyebarkan foto tanpa busana dari dirinya. Pada saat itu, Emma berkomentar bahwa ancaman tersebut hanya isapan jempol karena tidak ada foto tanpa busana dari dirinya. Ia pun menambahkan bahwa ancaman ini tidak membuatnya gentar, justru membuatnya semakin kuat dan ingin berjuang melawan hal ini.

Baca juga: Emma Watson, Feminisme, dan Sesi Fotonya

Amanda dan Emma sudah melakukan tindakan legal untuk mengusut kasus pencurian foto ini. Belum diketahui secara pasti apakah benar bahwa foto-foto dari kedua aktris ini diambil dari iCloud atau tidak, namun yang jelas para perempuan memang harus sangat berhati-hati dalam menyimpan foto yang sifatnya pribadi. Menggunakan servis seperti iCloud, e-mail dan dropbox memang menjadi jalan mudah agar data pembaca tidak hilang, namun jangan lupa bahwa servis tersebut bisa diretas oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

Sumber gambar fitur: vulturehound.co.uk