Oscar menjadi ajang bergengsi dan acara rutin yang ditunggu oleh para pelaku film, khususnya Hollywood. Di mana yang terbaik dari yang terbaik akan diakui, serta membawa pulang piala bukti dedikasi mereka di industri film.

Sementara Oscar tahun ini baru akan digelar tanggal 26 Februari nanti, hari ini Nyata akan mengajakmu flashback, dan mengingat tentang mereka yang pernah berjaya di ajang Oscar sebelumnya.

Baca juga: 6 Aktor yang Sering Masuk Nominasi Oscar Tapi Tidak Pernah Menang

Tahukah kamu, bahwa acara yang diperuntukkan insan perfilman ini ternyata telah memberikan pialanya untuk lima orang penyanyi terkenal? Siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini…

1Lionel Richie

Sumber foto: Hollywood Reporter

Banyak lagu-lagunya yang melegenda sampai hari ini. Stuck On You, Endless Love, dan Hello, merupakan sebagian kecil dari karya-karya hit Lionel Richie. Dan penyanyi legendaris itu memenangkan Oscar pada 1986 dalam kategori Best Original Song, untuk lagu Say You, Say Me yang dilantunkan dalam film White Nights.

2Cher

Sumber foto: CBS News

Meski dikenal sebagai penyanyi berbakat, namun bukan berarti Cher tak bisa bersinar di luar dunia tarik suara. Pada 1988 Cher membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Actress, melalui perannya dalam film Moonstruck.

3Phil Collins

Sumber foto: Getty Images

Sama seperti Lionel Richie, Phil Collins juga merupakan salah satu penyanyi dengan banyak karya hebat. Pada 2000 penyanyi sekaligus penulis lagu tersebut sukses menyabet piala Oscar untuk Best Original Song, melalui film animasi Tarzan.

4Eminem

Sumber foto: Billboard

Yup. The Slim Shady himself memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Original Song atas lagunya Lose Yourself pada 2003. Lagu tersebut masuk soundtrack bagi film 8 Miles, yang–menariknya–dibintangi sendiri oleh Eminem.

5Three 6 Mafia

Sumber foto: Getty Images

Terakhir, adalah Three 6 Mafia. Mereka menjadi penyanyi hip-hop pertama yang membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Original Song pada 2006. Lagunya adalah It’s Hard Out Here for a Pimp, yang tampil dalam film Hustle & Flow. (*)