Sebagian pembaca mestinya sudah nonton film Harry Potter terbaru, Fantastic Beasts and Where to Find Them, kan? Mungkin malah ada yang sudah melihatnya lebih dari sekali. Kira-kira apakah para pembaca sadar bahwa di dalam adegan pembuka itu ada sekelumit adegan yang merujuk kepada tujuh buku dan film seri utama Harry Potter? Memang, ada banyak adegan dan properti film yang merujuk kepada film dan buku Harry Potter di sepanjang film Fantastic Beasts. Tapi, beberapa referensi kepada dunia sihir Harry Potter yang mungkin tidak disadari banyak orang justru terdapat di adegan pembuka film tersebut. Apakah ada yang menyadarinya?

Ada perusahaan khusus yang menangani penempatan properti-properti kecil film seperti ini, yang biasa disebut “hero props”. Perusahaan hero props yang biasa menangani properti film Harry Potter adalah MinaLima, tidak terkecuali untuk film Fantastic Beasts ini.

Fantastic Beasts
Source: Mashable

Salah satu adegan buatan MinaLima yang paling menarik perhatian di adegan pembuka ini adalah berita tentang kemunculan Grindenwald pada surat kabar The New York Ghost. Miraphora Mina, desainer grafis MinaLima, mengatakan kepada Mashable bahwa ada banyak rahasia kecil pada halaman depan koran tersebut.

“When we were doing The New York Ghost for Fantastic Beasts we had to of course anchor those stories in the situation, so they’re all topical or in the vernacular of New York and the period. There’s always a kind of commentary on the muggle way versus the wizarding way. So if you read all the headlines — because they all have to be written — they’re all relevant and appropriate to the time, the place and the whole wizarding world.”

Bukan hanya The New York Ghost, tapi dalam koran Daily Prophet pun terdapat banyak sekali rujukan kecil yang mungkin tidak langsung tertangkap mata. Memang, halaman depan koran-koran ini hanya muncul sekilas, sehingga mungkin kita tidak bisa menangkap semua berita yang ada di dalamnya. Tapi, jika diperhatikan secara teliti, ada beberapa berita tentang Dumbledore, Griselda Marchbanks (salah satu penguji OWL dalam Order of the Phoenix), dan bahkan kakek Harry Potter juga ada di dalamnya.

Fantastic Beasts
Source: Mashable

Bagaimana para pembaca? Apakah ada di antara kalian yang juga menyadari beberapa detail rujukan kecil di atas? (*)