Pembaca Nyata yang suka nonton film-film Mandarin, pasti kenal dengan nama Andy Lau. Sang aktor kelahiran Hong Kong yang sepertinya tidak pernah dimakan usia ini juga tidak berhenti bermain dalam film laga walau sudah tidak lagi muda. Yang terbaru, ia bermain bersama Matt Damon dalam film The Great Wall yang sempat menarik banyak kontroversi. Andy mengaku tidak menolak jika misalnya diberi tawaran untuk bermain dalam film Hollywood lagi, walau sebenarnya Andy Lau tidak ingin menembus pasar film Hollywood. Ia mengaku ia lebih tertarik berperan dalam film lokal.

“If someone wants me to be in their film, just let me know! If I have the time and if the project suits me, then I might do it. But I am not aggressively trying to look for something from there. I prefer to make more local movies,”

Uniknya, walau terkenal sebagai salah seorang aktor laga Hong Kong, Lau mengaku bahwa film laga bukanlah genre film favoritnya. Sang aktor memang sudah berperan dalam hampir 200 film dan kebanyakan adalah drama polisi Hong Kong. Walau begitu, Andy Lau mengaku ia lebih suka berperan dalam genre film komedi ringan, dan baru akan mempertimbangkan peran dalam sebuah film laga jika naskahnya menarik. Walau usianya sudah tidak lagi muda, Andy mengaku ia masih bisa melatih diri dan menangani peran untuk film laga.

Andy Lau, yang juga terkenal sebagai penyanyi banyak lagu Mandarin, juga dikenal sebagai seseorang yang sangat menjaga kehidupan pribadinya. Ia menikahi kekasihnya dari Malaysia, Carol Chu, pada tahun 2008 dan memiliki seorang anak pada tahun 2012, tapi mereka tidak pernah terlihat dalam sebuah foto bersama. Lau juga jarang berbicara tentang keluarganya dan memilih untuk menjawab dengan hati-hati ketika topik itu diangkat.

Ketika ditanya apakah Lau ingin menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarganya, ia menjawab bahwa ia memiliki beberapa prioritas sekarang. Yang pertama adalah keluarga dan orang tuanya, yang kedua adalah para penggemar, setelah itu para stafnya, dan yang terakhir adalah karirnya. Sepertinya, secara tidak langsung Lau menjawab bahwa ia memang memprioritaskan keluarga dan sekaligus memberikan alasan kenapa Andy Lau tidak ingin menembus pasar film Hollywood.