Hindari Mengkonsumsi Ini untuk Menjaga Gigimu Tetap Awet

0
87
Menjaga Gigi Anda Tetap Awet

Kebersihan gigi sering kali disepelekan, bisa karena malas ataupun lupa. Padahal gigi yang sehat dapat menambah rasa percaya diri. Jadi, mulailah memperhatikan kesehatan gigi sedari sekarang.

Kesehatan gigi tidak hanya tergantung dari kebersihannya, beberapa penyebab lain dapat menimbulkan kerusakan gigi, diantaranya adalah makanan dan minuman mungkin sering kamu konsumsi. Berikut beberapa makanan yang bisa merusak gigimu:

Buah dengan pigmen warna yang kuat

Hindari memakan buah dengan pigmen warna yang kuat, atau kamu ingin menyantapnya, harus langsung menggosok gigi. Karena buah berpigmen kuat dapat meninggalkan noda di gigi, dan mempengaruhi warna gigi.

Menu Food Swap Ini Manjur Untuk Diet dan Tidak Buat Kantong Kering Tidak hanya menjadikan badan lebih sehat, menu food swap ini juga akan … [Read More]

Buah kering

Jika kamu penikmat buah kering, sebaiknya mulai menguranginya karena memiliki efek yang buruk. Buah kering dapat meninggalkan banyak gula alami pada gigi, dan sisa buah akan melekat kuat yang bisa meyebabkan gigi menjadi nyeri.

Roti

Benarkah roti juga bisa menyebabkan gigi berlubang? Roti yang sudah dikunyah akan berubah menjadi zat gula. Sisa roti yang terselip di gigi dapat memicu bakteri yang ada di mulut, yang kemudian bisa menyebabkan gigi berlubang.

Dinginnya es

Tahukah kamu, selain menambah kesegaran pada minuman, es juga dapat merusak gigi. Dinginnya es pada minuman dapat merusak enamel gigi, dan yang paling parah dapat membuat gigi menjadi rapuh dan retak.

Minuman bersoda

Selain tidak baik untuk lambung, soda juga bisa dengan cepat merusak gigi daripada makanan lain. Karena kandungan gula yang tinggi pada soda dapat memicu bakteri di mulut lebih banyak, dan bakteri merusak enamel gigi. Selain itu, soda yang mengandung asam juga dapat membuat gigi berlubang jika terlalu sering dikonsumsi.

Minuman beralkohol

Sering mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan gigi membusuk dan berlubang. Alkohol dapat membuat mulut menjadi kering, dan inilah yang menyebabkan gigi membusuk, yang kemudian menjadi sarang bakteri dan menyebabkan infeksi pada gigi.

Tentu saja makanan atau minuman ini masih boleh dikonsumsi, hanya saja kamu perlu membatasinya agar kesehatan gigimu tetap terawat. *kir/fel