Lancar dan cepatnya metabolisme adalah syarat utama suksesnya upaya menurunkan berat badan. Sebagian orang memang mewarisi metabolisme yang cepat, sehingga tetap langsing meski banyak makan.

Tapi, sebagian lagi harus berupaya agar metabolismenya cepat dan lancar. Berikut enam cara yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar metabolismemu:

1Makan Lebih Sering

Makan lebih sering dengan porsi kecil, bisa membantu menurunkan berat badan. Makan tiga kali sehari dengan porsi besar, sehingga jarak waktu di antara ketiga jadwal makan itu panjang, sama dengan memperlambat metabolisme.

Makan lengkap dengan porsi kecil atau makanan selingan ringan setiap 3 atau 4 jam, mampu menjaga metabolisme tetap lancar. Sehingga, tubuh membakar lebih banyak kalori selama seharian.

2Konsumsi Apel

Detoks lebih maksimal dengan mengonsumsi apel. Sebab, buah ini mengandung serat tidak larut dan serat larut air seperti pektin. Kedua serat itu bersama asam glucaric, membantu pengeluaran toksin. Apel juga termasuk bahan makanan dengan nilai indeks glikemik rendah, sehingga tidak melonjakkan gula darah. Hal itu bisa mencegah diabetes, yang dapat dipicu oleh toksin. Nah, untuk mendapat manfaat apel sehingga detoks lebih maksimal, jadikan apel sebagai camilan. Atau tambahkan irisan apel ke dalam salad buah.

3Makanan Pedas

Makanan pedas mengandung senyawa kimia yang memacu metabolisme bergerak lebih cepat. Makan satu sendok makan cabai merah atau hijau, bisa memacu tingkat metabolik sebanyak 23 persen lebih cepat.

4 Aturan Makan yang Seringkali Keliru – Tabloid Nyata Seringkali orang menerapkan aturan makan yang keliru, sehingga tubuh tidak bisa menyerap … [Read More]

4Makan Lebih Banyak Protein

Untuk mencerna protein, tubuh membakar kalori dua kali lipat lebih banyak dibanding kalori yang perlu dibakar untuk mencerna lemak ataupun karbohidrat. Mengganti sebagian asupan karbohidrat dengan protein rendah lemak, bisa memacu metabolisme setelah makan. Sumber protein di antaranya daging sapi, ikan, daging ayam, tahu, telur, dan susu rendah lemak.

5Minum Teh Hijau

Teh hijau atau teh oolong menggabungkan manfaat kafein dan catechin, zat yang meningkatkan metabolisme. Minum 2 atau 4 cangkir teh bisa mendorong tubuh untuk membakar 50 kalori lebih banyak setiap hari. Dan itu berarti meningkatkan penurunan berat badan sekitar 2,5 kilogram setahun.

Seperti Inilah Jenis Teh yang Sesuai Dengan Kesibukan Harian KamuUntuk pembaca Nyata yang ingin bersantai setelah hari yang suntuk dan melelahkan, … [Read More]

6Minum Kopi tanpa Gula

Kafein yang terkandung dalam dua cangkir kopi, mampu membakar 50 kalori lebih banyak selama 4 jam sesudahnya. Namun, pastikan yang kamu minum itu kopi hitam, alias tanpa gula, krimer, ataupun gula. Jika kopimu diberi bubuhan seperti itu, maka jumlah kalori yang kamu asup akan lebih besar dibanding yang dibakar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here