Tidak Perlu Jago Masak Untuk Buat Ramuan Anti Flu Ini

0
305
Sumber foto: Pixabay

Jangan anggap remeh penyakit flu. Meski bukan tergolong penyakit berat, flu dapat mengganggu aktifitas keseharian Anda. Bahkan, kualitas hidup Anda dapat berkurang karenanya.

Saat ini, ada banyak obat flu yang dijual bebas di pasaran. Anda pun dapat membelinya bahkan tanpa disertai resep dokter. Kebiasaan yang teramat berbahaya, terlebih tanpa pemahaman terhadap kontra-indikasi obat-obatan yang Anda minum itu.

Nah, di luar obat-obat sintesis tersebut, Anda dapat memanfaatkan ramuan alam sebagai obat. Sebenarnya tanaman berkhasiat obat telah dikenal dan digunakan oleh nenek moyang kita jauh sebelum era pelayanan kesehatan yang menggunakan obat-obatan modern.

4 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Para Perempuan – Tabloid Nyata Usut punya usut, ternyata tidak hanya daging jeruk yang bermanfaat, tetapi kulitnya … [Read More]

Namun sayangnya, obat-obatan tradisional itu urang dimanfaatkan oleh masyarakat kita. Akibatnya, banyak tanaman obat hanya digunakan sebagai bumbu dapur, seperti jahe, kunyir, kencur, dan lain-lain.

Padahal, di luar fungsi kulinernya itu, tanaman obat juga dapat membantu memberikan pertolongan pertama pada keluarga. Untuk mengobati flu misalnya, yang ditandai dengan gejala-gejala antara lain batuk dan hidung tersumbat atau pilek. Jika Anda atau keluarga terserang penyakit ini, jawaban atas terapinya dapat Anda temukan dari dapur rumah Anda. Dua jenis ramuan berikut dapat membantu Anda.

  1. Siapkan sekitar 2 cm kayu manis, 1 sendok makan daun poko kering yang ditumbuk hingga menjadi serbuk, 5 butir adas, dan 2 cangkir air. Rebus semua campuran bahan itu sampai mendidih hingga tersisa 1 cangkir, setelah itu disaring. Pada orang dewasa, ramuan itu dapat diminum 3 kali sehari sebanyak 1/3 cangkir, sementara dosis untuk anak-anak separuh dari takaran orang dewasa.
  2. Untuk memberi rasa hangat pada tubuh, gunakan jeruk nipis 1 buah, minyak kayu putih dan kapur sirih secukupnya. Potong jeruk nipis dan peras airnya ke dalam cawan, tambahkan minyak kayu putih sama banyak dan kapur sirih sedikit, kemudian campur hingga diperoleh campuran seperti bubur. Ramuan ini dapat Anda lumurkan pada leher, dada, dan punggung, sebagai pengganti balsem. Hangat bukan?
4 Ramuan Sehat Rumahan yang Paling Mujarab – Tabloid Nyata Bagi pembaca yang lebih memilih untuk menggunakan bahan rumahan untuk mengatasi berbagai … [Read More]

Apabila Anda hanya memiliki jahe dan jeruk lemon, jangan berkecil hati, sebab satu ramuan sederhana ala Martha Stewart berikut juga patut dicoba. Campur 4 cup air, 2 ons jahe yang diiris tipis, 5 biji engkeh dan perasan 1 buah jeruk lemon di dalam sebuah panci. Didihkan dengan api kecil, biarkan selama 2-3 menit, kemudian saring. Apabila diinginkan, Anda dapat menyajikannya bersama madu atau gula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here