4 Asupan Penting Saat Sahur

Rasa lemas, lapar, dan haus pasti akan dirasakan oleh semua orang yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tapi meski begitu, kita harus tetap segar dan semangat untuk menjalankan aktifitas.

Ini bisa dilakukan jika kita mengkonsumsi makanan yang tepat saat sahur. Jenis makanan yang dikonsumsi haruslah yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi seharian seperti karbohidrat, protein, serta, vitamin dan mineral.

Berikut makanan dan minuman yang penting untuk dikonsumsi agar kita tidak lemas dan lesu saat beraktifitas.

1Air Lemon

Menurut para pakar food combining, meminum segelas air hangat dengan sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis saat sahur akan sangat baik untuk tubuh. Air lemon dapat berguna sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat kita tidur.

4 Ramuan Sehat Rumahan yang Paling Mujarab – Tabloid Nyata Bagi pembaca yang lebih memilih untuk menggunakan bahan rumahan untuk mengatasi berbagai … [Read More]

2Buah

Buah memang selalu baik bagi tubuh karena kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu buah juga berfungsi untuk mengubah cadangan makanan sebagai sumber energi dan dapat membantu meningkatkan metabolise tubuh. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi tiga porsi buah seperti melon, jeruk atau pir, paling tidak 15 menit sebelum kita mengkonsumsi nasi.

4 Manfaat Ketan Hitam Bagi Kesehatan Kamu – Tabloid Nyata Tak hanya beras putih dan beras merah yang mempunyai segudang manfaat, tetapi … [Read More]

3Karbohidrat

Yang lebih penting adalah untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks karena energi levelnya stabil dan dapat meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga tubuh tidak mengalami kaget atau shock. Peningkatan gula darah secara perlahan ini berguna agar penurunannya juga perlahan sehingga tubuh kita tidak mudah lemas. Selain itu, karbohidrat kompleks juga lebih lama dicerna tubuh sehingga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Jenis karbohidrat ini biasanya terdapat pada nasi merah, sayur, dan umbi-umbian.

4Air Putih

Teh manis hangat memang akan sangat nikmat, dinikmati saat sahur. Kombinasi teh dan gula juga cepat memberikan tambahan energi. Tapi energi yang dihasilkan juga akan hilang dengan cepat, sehingga tubuh akan segera terasa lemas. Lebih baik meminum air putih untuk menyediakan cadangan cairan selama berpuasa. Kopi dan teh juga perlu dihindari karena dapat menyebabkan dehidrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here