Buah Sebelum Nasi, Maksimalkan Nutrisi

0
154
Nutrisi

Buah sudah sangat terkenal dengan nutrisinya, dan memiliki banyak fungsi yang baik bagi tubuh. Bahkan ada perkataan, dengan makan sebuah apel sehari akan dapat menjauhkan diri kita dari dokter. Hal ini disebabkan karena buah sangat kaya akan serat, vitamin, mineral, dan zat warna buah yang berperan sebagai antioksidan. Buah juga dapat berguna untuk proses detoksifikasi dan merupakan penyedia gula alami. Tapi ternyata, untuk mendapatkan nutrisi dari buah dengan baik, kita juga harus tahu kapan waktu yang benar untuk mengkonsumsi buah tersebut.

Selama ini buah selalu berperan sebagai makanan pencuci mulut, karena dapat menjadikan mulut terasa segar kembali setelah kita mengkonsumsi berbagai macam makanan berat. Hal ini juga merupakan nasihat orang tua secara turun-temurun, agar kita tidak sakit perut, kembung, atau diare.

Baca juga: Tangkal Radikal Bebas Dengan Sari Apel

Namun ternyata, buah justru lebih baik dikonsumsi ketika kondisi perut kita kosong, atau sebelum kita memulai makan makanan berat. Mengapa? Karena buah apapun itu, akan banyak mengandung gas dan akan membuat perut menjadi kembung jika dikonsumsi setelah makan berat.

Selain itu, buah-buahan juga mengandung gula alami sehingga akan membutuhkan banyak waktu untuk mencernanya. Sehingga jika dikonsumsi setelah makan nasi, maka buah tersebut akan menjalani antrian yang panjang untuk diproses. Dan karena sifat buah yang tidak dapat bertahan lama, sehingga sangat besar kemungkinannya jika buah sudah menjadi busuk sebelum kandungan nutrisinya dapat diproses dan diserap dengan baik oleh tubuh. Meski sebenarnya sistem pencernaan kita sudah diciptakan secara sempurna, sehingga makan buah dapat dilakukan kapan saja. Namun jika tidak memiliki masalah lambung, maka makan buah sebelum makan nasi akan memberikan hasil yang terbaik karena nutrisi dalam buah akan lebih banyak diserap oleh tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Durian yang Mungkin Belum Diketahui Secara Umum

Waktu yang disarankan untuk mengkonsumsi buah adalah 20-30 menit sebelum memulai makan nasi, dan jika memang masih ingin mengkonsumsi buah setelah makan, maka dapat diberikan jeda tiga jam setelah makan.

Selain karena kesehatan, memakan buah sebelum nasi juga dapat digunakan sebagai salah satu pola diet. Karena banyaknya serat dalam buah dapat membuat kita merasa kenyang sebelum makan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here