Meski bukan hari libur nasional, namun Hari Kartini menjadi salah satu hari penting bagi rakyat Indonesia. Hari yang dirayakan tiap tanggal 21 April ini adalah bentuk apresiasi kerja keras R.A. Kartini untuk memperjuangkan kesetaraan perempuan. Meski tidak dirayakan sebagai hari libur nasional, tetapi Hari Kartini adalah sebuah bukti bahwa seorang perempuan berhasil menorehkan catatan penting dalam sejarah bangsa Indonesia.

Kegigihan Kartini dalam hal kemanusiaan ternyata berhasil menginspirasi banyak orang untuk berbuat kebaikan. Untuk semakin menyemarakkan semangat kemanusiaan Kartini, Superman Fans of Indonesia (SFoI) Surabaya Region dengan sengaja menggelar acara rutin mereka di hari ini.

Untuk kedua kalinya tahun ini, SFoI kembali mengadakan aksi donor darah. Mengambil tempat di Universitas Surabaya (Ubaya), acara yang bertajuk Share Blood Share Life ini, mengajak semuanya untuk ikut terlibat dalam aktivitas sosial.

Tidak terbatas hanya mereka yang tergabung dalam komunitas SFoI, event ini juga mengajak rekan-rekan mahasiswa yang berada di lokasi untuk ikut menyumbangkan darah mereka demi membantu orang lain.

Cosplayer Supergirl bersama beberapa perempuan Super dari SFoI Surabaya Region. (Foto: Reza / Tabloid Nyata)

Meskipun semalam diguyur hujan, namun cuaca Surabaya sangat cerah pagi ini. Perjalanan ke lokasi yang tidak jauh dari kantor redaksi Nyata, juga saya tempuh tanpa hambatan. Terlihat para anggota SFoI telah bersiap di lokasi acara, lengkap dengan atribut khas mereka: kaos berlambang S serta cape merah yang menutup punggung mereka. Acara yang dimulai sejak jam 10 pagi tersebut, mampu menarik antusiasme para mahasiswa untuk ikut berpartisipasi.

Supergirl juga masuk dalam radar kedua MC, Yaned (tengah) dan Super Yos (kanan), untuk diwawancarai. (Foto: Reza / Tabloid Nyata)

Berbeda dengan event donor darah sebelumnya yang selalu dikerjakan oleh anggota SFoI sendiri, acara donor darah kali ini melibatkan para mahasiswa dari Ubaya. Mulai dari penerima tamu hingga MC. Tidak lupa, Super Yos —vice president dari SFoI– menemani Yaned dari Ubaya yang bertugas sebagai pembawa acara.

Antusiasme tidak hanya datang dari anggota SFoI saja, tapi juga datang dari rekan-rekan mahasiswa Ubaya. (Foto: Reza / Tabloid Nyata)

Tercatat lebih dari seratus mahasiswa yang ikut menyumbangkan darah mereka di acara ini. Belum termasuk rekan-rekan dari SFoI sendiri. Sayangnya, karena terkendala kondisi kesehatan, tak semuanya lolos untuk ikut mendonorkan darahnya.

Antusiasme para muda untuk membantu sesama tampak begitu nyata di acara ini. Meskipun bentuknya sederhana, tetapi bukan berarti tidak bermakna. Darah yang disumbangkan semua pendonor akan berguna untuk menyelematkan orang lain yang membutuhkan.

Commemorate kartini’s Day.
Be the light to Others.

Sebagai sebuah komunitas, SFoI Surabaya Region tidak hanya tempat berkumpulnya mereka yang memiliki kecintaan yang sama terhadap karakter Superman. SFoI sendiri mendedikasikan dirinya sebagai organisasi sosial, yang mau memberikan perhatian mereka terhadap sesama.

Seperti halnya makna dari lambang S yang melekat di dada Kal-El alias Superman, SFoI Surabaya Region juga ingin membawa harapan ke banyak orang. Donor darah yang merupakan acara rutin setiap tiga bulan, hanyalah salah satu dari banyak agenda sosial mereka.

Tidak ada tepuk tangan, atau pujian yang mengalir setelah mereka meninggalkan tempat tersebut. Namun satu hal yang pasti, setiap tetes darah para donor memberi harapan baru untuk mereka yang membutuhkan. And they are heroes among us!