Niat Bunuh Semua Anaknya dan Bunuh Diri, Ibu Asal Jombang Ini Selamat Sendirian

0
78
Ibu Asal Jombang
Makam ketiga bocah malang di depan rumah ayah Evy, Fakihudin (63) yang akrab disapa Gus Din. Foto: Bayu/Tabloid Nyata

Peristiwa memilukan terjadi di Desa Karobelah, Mojoagung, Jombang, Jawa Timur pada Senin (15/1) malam. Seorang ibu bernama Evy Suliastin Agustin (26) mengajak ketiga buah hatinya bunuh diri. Tapi yang terjadi kemudian Evy selamat sedang ketiga anaknya, Sayid Mohammad Syaiful Alfaqih (6), Bara Viadinanda Umi Ayu Qurani (4), dan Umi Fauziah (4 bulan) tewas seketika.

Ketika Nyata bertandang ke rumah duka pada Kamis (18/1) siang, para pelayat masih berdatangan untuk mengucapkan bela sungkawa kepada Lismiati (55), ibu Evy . Wanita paruh baya itu tampak meratapi nasib tragis yang menimpa ketiga cucunya dan menolak menemui Nyata.

”Sudah banyak tadi yang datang ke sini. Mending sampean (Anda) langsung saja ke kantor polisi. Malah tambah sedih aku nanti,” pinta Lismiati dengan nada tinggi.

Baca juga: Percakapan Terakhir Mahasiswi UINSA yang Tewas Kesetrum dengan Ibunya

Satreskrim Polres Jombang masih mengumpulkan keterangan para saksi untuk mengungkap penyebab pasti Evy mengajak tiga buah hatinya bunuh diri.

Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi. Foto: Bayu/Tabloid Nyata

”Saksi-saksi yang telah kita periksa sudah lebih dari 10 orang. Termasuk tetangganya yang tahu keseharian Evy,” kata Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi.

Dari keterangan para saksi tersebut, pihak kepolisiaan pun untuk sementara waktu menyimpulkan penyebab Evy mengajak bunuh diri ketiga buah hatinya karena persoalan rumah tangga.

”Jadi akhir 2016 lalu, suaminya itu menikah lagi dengan seorang wanita asal Ngajuk. Mungkin karena depresi nggak rela suaminya nikah lagi akhirnya mencoba bunuh diri ngajak ketiga anaknya,” ungkap Kasatreskrim Polres Jombang, AKP Gatot Setyo Budi.

Lorong menuju rumah Evy. Foto: Bayu/Tabloid Nyata

Motif lainnya, lanjut Gatot, Evy kesal karena dituduh selingkuh. Suaminya juga menuduh anak kedua Evy adalah hasil perselingkuhan. “Masih terus kami dalami, karena ini bersentuhan kondisi psikis, kita tidak dapat buru-buru,” ucap Gatot.

Dari keterangan Evy kepada tim dokter ahli jiwa, ia mengajak bunuh diri ketiga anaknya dengan cara meminumi racun pembasmi serangga dan menenggelamkan si bungsu kedalam bak mandi.

baca juga:Keliling Dunia Bersepeda, Ini Janji Nafal pada Ibunya yang Tak Sempat Dipenuhi

“Dan di kamar mandi tersebut, Evy menenggelamkan anak bungsunya kedalam bak mandi. Kemudian, meminumkan racun kepada dua anaknya yang lain, terakhir Evy meminum racun itu sendiri,” terang Gatot.

”Tersangka utama masih Evy, belum ada keterikatan pihak lain. Tapi tidak menuntut kemungkinan ada case-case yang lain,” ujarnya. Atas perbuatannya tersebut, Evy dijerat dengan pasalnya 44 ayat 3 undang-undang nomor 23 tahun 2004, tentang kekerasan dalam rumah tangga. ”Hukuman maksimalnya 15 tahun penjara,” jelasnya.

Hari Rispati (36) kakak ke tiga Evy. Foto: Bayu/Tabloid Nyata

Selain keterangan dari pihak kepolisian, Nyata juga sempat berbincang dengan Hari Rispati (36), kakak ketiga Evy. Masih teringat jelas dalam ingatan Hari terakhir kali bertemu Evy dan keponakanya sebelum kejadian.

”Jam tujuh pagi sebelum kerja, saya sempat mengudang (bercanda) keponakan yang masih bayi (Umi Fauziah, red), dia
senyum-senyum. Ketika itu anaknya yang pertama sudah sekolah. Anak ke duanya masih tidur,” terang Hari saat ditemui Nyata di rumah tetangganya.

“Dari raut wajahnya (Evy, red) terlihat ada masalah. Tapi saya nggak tahu permasalahan apa yang dihadapi. Karena dia orangnya tertutup. Setiap ada masalah pasti bisa dilihat dari wajahnya. Saya tak menyangka dia tega berbuat gitu sama anak-anaknya. Karena sepengetahuan saya dia sangat sayang anak-anaknya,” aku ayah dari satu anak itu. *bas/dro/fel

Selain kisah tragis Ibu asal Jombang, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2429 terbit tanggal 20 Januari 2018.