Pembaca Nyata mungkin sudah tahu bahwa teh adalah minuman yang mampu menenangkan sekaligus menyehatkan. Terlepas dari yang dicari adalah manfaat kesehatannya untuk tubuh atau ketenangan dan rasa lelah yang hilang setelah diminum, selalu ada beberapa jenis teh yang sesuai dengan kesibukan pembaca Nyata.

Nah, menurut Kristina Richens, direktur dari Republic of Tea, ada beberapa jenis teh yang lebih baik jika dinikmati pada waktu hari yang berbeda. Demikian juga jika pembaca Nyata ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari teh, Richens pun punya jawabannya. Seperti apa saja?

Yang pertama, jika pembaca Nyata ingin mengurangi stres dan mendapatkan manfaat relaksasi yang maksimal dari teh, maka teh hijau, lavender, dan chamomile adalah pilihan yang tepat. Lavender dan chamomile sudah dikenal sebagai tanaman herbal yang menenangkan tubuh dan urat syaraf. Selain itu, lavender juga mampu mengurangi rasa tegang dan teh hijau pun bisa membuat tubuh menjadi rileks. Teh-teh ini cocok diminum sore hari setelah bekerja seharian.

Jika di atas adalah jenis teh untuk menenangkan tubuh, yang berikut ini adalah teh untuk meningkatkan semangat di pagi hari. Buat kalian yang ingin meningkatkan semangat di pagi hari tapi tidak bisa meminum kopi, bisa mencoba teh hijau atau teh hitam. Kandungan kafein dan L-theanine yang terkandung di dalam kedua jenis teh ini mampu meningkatkan semangat dan rasa awas pembaca Nyata di pagi hari.

Untuk yang suka kehilangan semangat di siang hari, maka teh hijau adalah salah satu jenis teh yang sesuai dengan kesibukan kamu. Bukan hanya sekadar teh hijau, tapi teh hijau yang dicampur dengan ginkgo biloba. Selain mendapatkan semua efek positif dari teh hijau, ginkgo biloba juga mampu menjaga daya ingat kita tetap tajam. Selain itu, teh hijau juga kaya antioksidan yang mampu melawan jerawat, bintik-bintik wajah, dan masalah kulit lainnya.

Baca Juga: 3 Bahaya Teh Hijau yang Kurang Baik Untuk Kesehatan

Bagi pembaca Nyata yang mungkin sulit tidur waktu malam, bisa mencoba teh chamomile dan akar valerian. Keduanya memiliki efek menenangkan tubuh dan membuat rileks, sehingga cocok diminum untuk membantu kalian semua mendapatkan tidur yang lebih tenang. Terlebih lagi, menurut Kristina, akar valerian tidak mengganggu fase tidur REM, sehingga cocok diminum sebelum tidur.

Terakhir, untuk pembaca Nyata yang lebih concern dengan kesehatan dan ingin mendapatkan tubuh yang lebih menarik, bisa mencoba teh dandelion, peppermint, atau jahe. Teh peppermint diketahui mampu mengurangi nafsu makan, semenantara akar dandelion berfungsi sebagai obat untuk berbagai masalah pencernaan. Jahe juga mampu membantu meredakan perut yang tidak tenang.

Baca Juga: Smoothies Teh Hijau

Pembaca Nyata yang memang menjadi penggila teh, mungkin sudah tahu beberapa manfaat yang Echa sebut di atas. Sementara untuk yang mungkin belum terbiasa dengan manfaat dari berbagai macam teh, bisa mencoba salah satu teh di atas mulai dari yang cocok untuk menenani rutinitas atau mengatasi masalah kesehatan kalian. Selamat mencoba!