Kesalahan saat menggunakan makeup atau riasan mungkin tidak jarang kita lakukan saat mengaplikasikannya, tetapi ada enam kesalahan yang sebaiknya jangan sampai Anda lakukan saat Anda mulai menggunakan riasan karena bisa membahayakan wajah Anda. Apa saja kesalahan tersebut?

 

1Tidak Menghapus Makeup Sebelum Tidur

Selelah apapun Anda, sebaiknya Anda tidak melupakan hal yang satu ini. Menghapus makeup adalah sebuah keharusan karena dengan menutup pori-pori Anda semalaman dengan bahan kimia dari makeup, siapa yang tahu apa yang akan terjadi kepada kulit wajah Anda?

2Menggunakan Maskara Waterproof Setiap Hari

Maskara waterproof didesain untuk digunakan di lingkungan yang memang berair, seperti ketika Anda berenang atau ketika Anda tahu Anda akan berhubungan air selama seharian. Menggunakannya setiap hari akan berakibat tidak baik kepada bulu mata Anda karena formula waterproof akan membuat bulu mata Anda terlalu kering. Akibatnya? Ketika Anda tidak rajin membersihkannya, maka bisa jadi bulu mata Anda akan mudah rontok.

3Tidak Membersihkan Makeup Brush

Bersihkan brush Anda secara berkala. Makeup brush Anda harus selalu dalam keadaan bersih ketika Anda menggunakannya. Brush yang tidak bersih akan dihinggapi oleh bakteri yang tidak baik dan bisa jadi berbahaya untuk kulit wajah Anda. Bukan malah semakin cantik tetapi jerawat yang akan Anda dapatkan nantinya.

4Terlalu Banyak Foundation

Salah satu hal yang cukup sering saya lakukan dahulu saat pertama-tama belajar menggunakan riasan adalah mengaplikasikan banyak foundation kepada kulit wajah. Hal ini saya lakukan agar tampak flawless namun justru malah membuat pori-pori saya tidak bisa bernafas dan susah dibersihkan (breakout alert). 

5Menggulung Bulu Mata Setelah Menggunakan Maskara

Hal ini pun sering saya lakukan, tetapi ternyata menggulung bulu mata dengan penggulung atau curler setelah menggunakan maskara akan membuat maskara lengket di curler dan bisa jadi bulu mata Anda malah ikut tertarik dan rontok karena maskara yang lengket di lapisan curler.

6Menggunakan Makeup Terlalu Lama

Anda harus paham bahwa makeup juga memiliki expiry date. Perhatikan kapan makeup Anda kadaluarsa, karena bila Anda terus menggunakannya setelah masa kadaluarsa, hal ini akan berbahaya bagi kulit Anda. Bisa jadi tidak hanya jerawat yang keluar namun permasalahan kulit yang lebih berbahaya.