Rambut bagaikan mahkota bagi banyak orang, karena itu memiliki rambut yang kuat dan indah bisa jadi menjadi hal wajib bagi pembaca. Apalagi, sedikit banyak rambut mempengaruhi penampilan pembaca secara keseluruhan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali masalah rambut yang datang menghampiri, salah satunya adalah rambut rontok. Dan seperti semua masalah, sebaiknya diketahui dulu penyebabnya sebelum pembaca berusaha menyelesaikannya agar tepat sasaran dan efisien! Cari tahu berbagai penyebab rambut rontok di sini, yuk!

1 penyebab rambut rontok

Kurang Gizi dan Vitamin

Kekurangan gizi dan vitamin dapat mempengaruhi penyebab rambut rontok. Perlu diketahui kulit kepala adalah tempat rambut tumbuh dan akar rambut menempel. Oleh karena itu pembaca perlu menjaganya dengan memberikan nutrisi yang cukup, kerontokan rambut terjadi karena batang rambut yang menipis dan mudah rapuh.

Baca juga: Penyebab Rambut Kusam Ternyata Berasal Dari Kebiasaan Anda

2 penyebab rambut rontok

Paparan Sinar Matahari dan Juga Polusi

Berlama-lama dibawah sinar matahari, terutama bila ditambah dengan polusi udara dapat mengurangi keratin pada rambut. Keratin adalah protein yang berada di rambut dan  berfungsi menjaga kesehatan rambut agar tetap berkilau. Apabila pembaca berada dibawah sinar matahari yang terik serta polusi udara yang meningkat, gunakanlah topi atau payung untuk melindungi rambut agar tidak terpapar secara langsung.

Baca juga: Hindari Tatanan Rambut Ini Agar Tak Terlihat Lebih Tua

3 penyebab rambut rontok

Faktor Pekerjaan

Bagi pembaca yang bekerja di farmasi atau konsturksi, pasti diwajibkan mengenakan cap dan helm sebagai prosedur keamanan pekerjaan, bukan?  Hal ini tentunya berpengaruh pada rambut karena rambut susah bernapas sehingga rambut menjadi rapuh dan mudah rontok, untuk mengatasinya sempatkan seminggu sekali untuk melakukan treatment rambut seperti creambath, hairmask atau hairspa agar rambut ternutrisi dengan baik.

Baca juga: Tiga Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut

4 penyebab rambut rontok

Alat Penata Rambut

Agar penampilan selalu sempurna, perempuan dewasa rela meluangkan waktu lebih lama untuk menata rambut seperti men-catok atau mengeriting rambut, dan apabila rambut masih basah pembaca mengeringkan terlebih dahulu dengan hair dryer. Penggunaan alat penata rambut memiliki dampak buruk bagi rambut, apabila tidak diimbangi dengan rangkaian perawatan. Rambut akan menjadi kering sehingga rambut menjadi cepat patah, rontok, serta bercabang. Gunakan serum rambut untuk merawat kekuatan dan menutrisi rambut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here