Mengenal Vera ‘Kebaya’ Anggraini, Perancang Busana Pengantin Anak Presiden

0
232
Kisah Vera Kebaya Anggraini
Foto: Reza/Tabloid Nyata

Vera Anggraini atau yang populer dengan Vera ’Kebaya’ belakangan ini menjadi viral. Hal itu tidak lepas dari pernikahan penyanyi cantik, Raisa dan Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu yang mengenakan kebaya rancangan Vera.

Di antara banyak desiner kebaya, Vera Anggraini memang seakan memiliki keunikan tersendiri. Dan meski sekarang Vera sudah merancang busana pernikahan para selebriti sampai anak presiden, namun Vera memiliki perjalanan panjang dan ketertarikan dengan dunia mode sejak kecil.

Foto: DokPri

Terlahir dan tumbuh besar di Medan, Vera melihat ibunya adalah sosok wanita serba bisa. Dari situlah, awal ketertarikannya pada dunia mode berawal, sang ibu juga yang menyarankan menekuni bakatnya.

”Sampai ibu pun mengatakan agar saya nanti bersekolah di jurusan tata busana. Selepas SMP, saya memilih masuk SMK dan sekolah di jurusan tata busana,” ujar Vera saat ditemui Nyata di sebuah resto di kawasan Dharmawangsa Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Agnez Mo, Buka Resto, Kurang Tidur Sampai Makan Baterai

Kecintaan pada dunia mode yang kuat diiringi dengan kemampuan yang baik, Vera banyak mendapatkan prestasi. Sayangnya, pernah dalam sebuah kompetisi mode dia mendapat perlakuan tidak adil dari pihak penyelengaranya.

Namun kekecewaannya kala itu justru membuahkan keberanian tersendiri. Vera ingin buru-buru lulus untuk kemudian mengadu nasib ke Jakarta. Dia ingin membuktikan bahwa dia bisa berhasil di Jakarta. ”Karena saya lulus cum laude, oleh kampus saya ditawari menjadi dosen sama diiming-imingin melanjut kan kuliah S2 juga. Tapi saya bukan tipe orang yang suka sekolah, mendingan saya kerja dapat duit sendiri,” aku Vera.

Hijrah ke Jakarta

Tahun 2000-an, Vera hijrah ke Jakarta. Dia numpang tempat tinggal di rumah salah seorang tantenya dan langsung melamar kerja di rumah mode Nelwan Anwar yang kala itu sangat popular, termasuk karya-karya kebayanya.

”Awalnya saya tidak diterima lantaran mereka tidak menerima karyawan baru. Tapi saya ngotot, saya bilang cuma magang juga nggak apa, asal saya kerja di situ,” kata Vera.

Baca juga: Mantan Pramugari yang Sukses Bisnis Cookies

Melihat kegigihan dan kemampuan Vera, Nelwan Anwar akhirnya menerima Vera sebagai karyawan tetap. Setelah hampir setahun belajar pada desainer Nelwan Anwar, Vera mengundurkan diri dan bekerja di rumah mode desainer kondang, Adjie Notonegoro.

Kisah Vera Kebaya Anggraini
Foto: Reza/Tabloid Nyata

Dari Adjie Notonegoro, Vera mendapatkan ilmu bagaimana membuat pola desain kebaya klasik namun tidak old fashion. ”Saya melihat kekuatan Adjie Notonegoro di situ. Tak heran kalau pelanggannya banyak dari kalangan seleb dan pejabat negeri ini,” papar Vera yang lantas menjadi asisten Adjie Notonegoro.

Hampir dua tahun Vera bersama Adjie, hubungan mereka sangat dekat. Hingga kini pun Vera mengakui apa yang dicapainya saat ini tak lepas karena pernah kerja sama dengan Adjie.

Halaman 2: Menikah, wirausaha dan arti pelanggan.