Usai melahirkan pada Agustus lalu, basis grup band Kotak yang akrab disapa Chua kini sudah aktif kembali. Bersama Tantri (vokal) dan Cella (gitar), Chua baru saja menuntaskan album baru Kotak yang berjudul Long Live. Ia juga baru saja menyelesaikan syuting video klip Kotak featuring Anggun C Sasmi yang berjudul Teka Teki.

“Tiga bulan keasyikan main sama anak (Raja Sabdasakha Putra Firmansyah). Tapi, kangen juga sama suasana konser Kotak. Akhirnya nyicil aja, isi musik di studio. Rekaman dan ngerapihin yang kurang-kurang. Baru sekarang ini, benar-benar bisa aktif. Kemarin baru nuntasin video klip. Dan sekarang promo sampai ke depannya,” ujar Chua kepada Nyata Online, Kamis (1/12) di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Kotak yang sudah memiliki jadwal padat, membuat Chua berpikir untuk bisa mengatur dan membagi waktu sebaik mungkin dengan anaknya yang baru berusia tiga bulanan. Suaminya, Firman, juga membantunya dalam hal menjaga sang putra. Chua mengaku, tak ingin terlalu lama meninggalkan anaknya.

“Sebisa mungkin, habis show sama Kotak langsung pulang. Kalau bisa dibawa ke lokasi konser, sudah pasti saya bawa. Untuk saat ini belum bisa. Jadi sekarang, masih dalam kota dulu. Kalau sudah keluar kota, saya pribadi belum siap. Tapi, tetap profesional berusaha untuk siap,” tutur perempuan bernama asli Swasti Sabdastantri ini.

Chua memutuskan untuk memberikan ASI eksklusif selama dua tahun kepada anaknya. Di saat harus meningalkan Raja selama seharian, ia sudah menguras ASI-nya kedalam sebuah termos atau botol.

“Sama kayak Tantri, kalau kegiatan Kotak padat, jalan pagi sampai sore atau malam hari, saya peras ASI sebanyak mungkin. Saya juga sudah nyetok, biar ASI-nya nggak kekurangan. Bersukur banget, ASI saya bagus dan banyak. Jadi nggak kekurangan sama sekali,” terang Chua.

Meski ada yang membantunya dalam menjaga Raja, namun Chua tetap ingin melakukan segalanya sendirian.

“Sudah bisa mandiin sendiri. Pakaikan minyak, bedak dan baju. Gendongnya harus hati-hati banget. Masih agak ngeri. Tapi, sudah bisa,” singkat Chua. (*)