Ingin Batik Mendunia, Oscar Lawalata Lakukan Pembinaan pada Pengrajin

0
60
Oscar Lawalata Lakukan
Foto: Bayu/Tabloid Nyata

Sebagai bukti kecintaan Oscar Lawalata kepada batik, selama satu tahun terakhir ini, kakak dari Mario Lawalata ini sibuk melakukan pembinaan kepada pengrajin batik seperti pengarajin dari Solo, Ponorogo, Trenggalek, Surabaya, dan lain sebagainya.

Pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sehingga bias dipromosikan kepada khalayak nasional maupun internasional.

Baca juga: Catherine Njoo, Pamerkan Pesona Batik Handmade di Pentas Dunia

”Sejak tahun lalu, saya bawa proposal, saya cerita keragaman batik dan bagaimana pengrajin kita memamerkan batik,” jelas Oscar saat ditemui di museum Bank Mandiri, Rabu (25/10) lalu.

Dari pengalamannya terjun langsung, Oscar melihat beberapa kendala yang sama. Salah satunya adalah kurangnya minat generasi muda untuk menjadi pengrajin batik.

Oscar Lawalata Lakukan
Foto: Bayu/Tabloid Nyata

”Saya salut pada generasi anak muda yang mau melestarikan batik. Saya aja yang desainer nggak bisa membatik. Mereka adalah seniman,” ucap Oscar.

Baca juga: Pesan Vivi Zubedi untuk Donald Trump di New York Fashion Week

Rencananya, Oscar akan membawa karya para penghasil batik terbaik hasil binaannya untuk ditampilkan di Unesco Head Quater (HQ) Paris Juni 2018 mendatang.

Tak hanya itu, beberapa pengrajin lokal pun akan turut menemani Oscar ke Paris. ”Siapa aja yang bersedia akan kita bina. Batik harus mendunia,” tegas Oscar. •bay/sos/fel

Selain Oscar Lawalata lakukan pembinaan pada pengrajin batik, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2417 terbit tanggal 28 Oktober 2017.