Adinia Wirasti Ajak Generasi Muda Ubah Kehidupan Sosial Ekonomi dengan Buku

0
103
Adinia Wirasti Ajak Generasi Muda
Foto: DokPri-Instagram

Jangan heran melihat Adinia Wirasti membaca buku di sela-sela kesibukannya. Maklum, dia jadi kutu buku sejak menyelesaikan kuliah di Amerika Serikat. ”Waktu kuliah di Amerika dulu, ada beberapa mata pelajaran yang mengharuskan saya untuk selalu ada di perpustakaan. Begitu pulang ke Indonesia kebawa kebiasaan itu. Jadi saya selalu membawa buku ke mana-mana untuk saya baca,” kata Asti saat ditemui di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Senin (6/11) siang lalu.

Baca juga: Najwa Shihab Dampingi Presiden Resmikan Perpustakaan Nasional

Pemeran Karmen dalam film Ada Apa Dengan Cinta?2 ini mengamati, anak muda zaman sekarang malas membaca. Mereka lebih memilih menghabiskan waktunya bersosial media.

A post shared by adiniawrst (@adiniawrst) on

”Bahkan mereka ngobrol pun lebih senang menggunakan telepon atau video call, dari pada tatap muka langsung. Padahal ngobrol dengan bertatap muka langsung, kita dapat saling merasakan energi dengan lawan bicara. Dari situ akan menemukan ide-ide untuk kemajuan diri kita sendiri dan orang banyak,” jelas Asti.

Baca juga: Impian Mulia Gadis 4 Tahun Pembaca 1000 Buku yang Patut Dicontoh

Kondisi di atas mendorong Asti bergabung dengan program PerpuSeru yang digagas Coca-Cola Foundation Indonesia dan didukung oleh Bill & Melinda Gates Foundation. Dengan program ini, masyarakat, terutama generasi muda akan lebih mudah untuk mengakses buku di perpustakaan.

”Perpustakaan saat ini tidak hanya sekedar sebagai tempat untuk menyimpan buku saja, tapi juga dapat mengubah kehidupan sosial, ekonomi masyarakat,” ujar pemeran Soelastri dalam film Kartini ini.

Saat ini PerpuSeru sudah ada di 586 desa dan 104 kabupaten di 18 propinsi. ”Saya percaya, PerpuSeru dapat membantu banyak orang untuk menemukan kekuatan dirinya masing-masing, sehingga bisa memberikan dampak pada diri, keluarga hingga lapangan pekerjaan,” tutupnya. *bas/fel

Selain Adinia Wirasti ajak generasi muda tingkatkan kehidupan sosial, ekonomi bangsa, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2419 terbit tanggal 11 November 2017.