1 Permintaan Abah Odo Sebelum Meninggal yang Tak Sempat Dipenuhi Sule

0
6
Permintaan Terakhir Ayah Sule
Foto: Dok Nyata

Komedian Sule tak kuasa menahan tangis saat bersimpuh di depan jasad ayahnya Dodo Mulyana (69) yang meninggal Rabu 11 Oktober lalu di kediamannya di kota Cimahi, Garut, Jawa Barat.

Baca juga: Posting Instagram Ayah Sule Meninggal Dunia

Saat Sule sampai di rumah duka, jasad Abah Odo (sapaan akrab almarhum semasa hidup, red) sudah selesai dimandikan dan siap disholatkan. Sule sempat membuka kain kafan untuk melihat wajah ayah dan menciumnya dengan perlahan. Setelah jenazah dimakamkan, Sule menuliskan doa untuk sang ayah di akun medsosnya.

Permintaan Terakhir Ayah Sule
Foto: DokPri-Instagram

”Selamat jalan, Abah, surga menantimu,” tulis Sule. Pemilik nama lengkap Entis Sutisna mengenang sosok ayahanda sebagai orang humoris. Bahkan ketika sedang sakit pun, Abah Odo sering bikin tertawa orang lain.

”Di rumah sakit aja dokter dan perawat dibecandain terus. Membuat orang betah sama Abah, dengan kondisi sakit masih bisa bercanda,” ungkap Sule.

Kemampuan itulah yang kemudian menurun kepada Sule. ”Saya bisa melawak karena Abah,” tambah Sule. Di mata Sule, Abah Odo sosok yang luar biasa.

”Orangnya sabar, tidak pernah ini itu yang aneh. Jiwa sosial tinggi, misal Abah minta uang buat dibagikan ke saudara dan tetangga. Selama sakit juga enggak pernah mengeluh, bagi saya dia pahlawan. Pokoknya hebatlah,” ungkap Sule.

Baca juga: Ini Penyakit Penyebab Ayah Sule Meninggal Dunia

Sule kali terakhir bertemu tiga hari sebelum Abah Odo menghembuskan nafas terakhir. ”Tiga hari terakhir sempat pulang dan saya yang mandikan. Terus pergi dulu karena ada kerjaan. Kemarin mau pulang lagi tapi saya cape berat, makanya istirahat dulu. Ternyata ada kabar meninggal,“ sesal Sule.

Sebelum meninggal Abah Odo punya banyak permintaan. Di antaranya dia minta ganti mobil warna putih. ”Katanya biar rada bersih, saya minta waktu buat memenuhinya. Tapi sebelum saya penuhi ternyata Allah sudah memanggilnya,” kata Sule. Abah Odo juga minta agar dibuatkan saung di tanah wakaf. Saung itu akan digunakan bila sedang marahan dengan istri.

”Ternyata mungkin untuk makam ya, karena di tanah wakaf itu memang ada makam keluarga” imbuh Sule. Meski kehilangan ayah untuk selamanya, Sule tidak ingin sedih berlarut-larut. ”Abah bilang kalo Abah meninggal saya nggak boleh menangis. Kalau kamu nangis Abah ikut menangis. *kri/sos/fel

Selain permintaan terakhir Ayah Sule yang minta mobil warna putih, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2415 terbit tanggal 14 Oktober 2017.