Joko Anwar Bikin Hantu “Nyata” di Pengabdi Setan 2017 Remake

Pengabdi Setan 2017 Remake
Foto: DokPri-Instagram

Joko Anwar memang penggemar film horor. Hampir semua film horor dia tonton, termasuk film Pengabdi Setan yang disutradarai Sisworo Gautama Putra pada tahun 1981. Saat menonton itulah terbersit keinginan Joko untuk me-remake Pengabdi Setan.

”Jadi cerita remake film ini sudah ada di kepala gue sejak 10 tahun yang lalu,” kata Joko yang secara khusus bertandang ke redaksi Nyata, Selasa (26/9) lalu.

Baca juga: 7 Fakta Tidak Menyeramkan dari Film IT 2017 Remake

Walau menyukai orisinalnya, Joko mengubah banyak hal pada film itu. Dia punya prinsip, me-remake, bukan mengkopi. ”Sehingga banyak adegan yang berbeda dari film sebelumnya. Sensibilitas

penonton pasti berbeda. Apa yang menakutkan zaman dulu belum tentu dianggap menakutkan sekarang. Sekarang karak ter dan plotnya, lebih jelas dan komplek,” jelas sutradara film Janji Joni (2015) ini.

A post shared by Joko Anwar (@jokoanwar) on

Di film ini, Joko tidak memanfaatkan teknologi efek visual atau CGI (computer generated imagery) seperti kebanyakan pembuatan film horor zaman sekarang.

Baca juga: Trend Film Horor, Jessica Mila Inginkan Tantangan dan Pengalaman Baru

Alasannya, film aslinya lebih mengedepankan praktikel efek. ”Jadi tetap remake-nya mengedepankan praktikel efek make up. Memang kalau CGI lebih gampang, karena hantunya dibikin digital, tapi tidak membuat adegannya terasa organik. Kalau adegannya organik itu terasa lebih dekat dengan penonton. Jadi hantunya kayak nyata gitu,” beber sutradara kelahiran Medan, 3 Januari 1976 ini. *bas/sos/fel

Selain kisah sutradara Pengabdi Setan 2017 remake, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2414 terbit tanggal 7 Oktober 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here