Diamputasi karena Kanker, Jessica Quinn Menginspirasi Banyak Orang dengan Semangatnya

0
135
Jessica Quinn
Foto: DokPri-Instagram

Dengan semangat seorang gadis berlari mengitari lapangan. Meski gaya berlarinya terlihat tidak biasa, gadis asal Selandia Baru itu tidak peduli. Dia tetap semangat berlatih demi bisa mengikuti lari 10 kilometer yang bakal digelar akhir tahun ini.

Jessica Quinn, gadis itu, memang seorang disabel. Kaki kanannya menggunakan kaki palsu berbentuk seperti pisau melengkung. Kaki itu sangat berjasa baginya, karena dengan kaki itu dia bisa melakukan banyak hal.

”Aku sangat mencintai kaki pisauku. Ini adalah aksesori kesukaanku,” aku gadis yang bercita-cita menjadi olahragawan atau dokter hewan itu.

Jessica menceritakan, kaki kanannya harus diamputasi akibat osteosarcoma atau kanker tulang yang dideritanya. Saat itu usianya baru sembilan tahun.

Awal

Suatu ketika, femur atau tulang paha Jessica patah saat berbaim sepak bola. Operasi pun segera dilakukan. Empat bulan berlalu. Namun Jessica masih merasakan sakit yang sangat menyiksanya.

”Aku merasa ada yang tidak beres, tapi tidak tahu apa,” ujar Jessica. Setelah dilakukan pemeriksaan intensif, dokter menemukan ada sel kanker yang membuat tulang pahanya melemah, sehingga mudah patah.

”Aku mengira kanker hanya diderita oleh orang jahat, tapi ternyata aku terkena juga. Rasanya tidak adil,” ujar pemilik nama lengkap Jessica Emily Quinn itu.

Kemoterapi

Pada 25 Juli 2001, Jessica mulai menjalani kemoterapi pertama.

Mulai satu minggu sekali, dua minggu sekali, dan berlanjut selama berbulan-bulan bergantung kondisi tubuhnya. Total kemoterapi harus dijalani Jessica hingga Maret 2002.

Kemoterapi ternyata tidak berhasil membunuh sel kanker dalam tubuh Jessica. Dokter mengungkapkan bahwa satu-satunya cara untuk menyelamatkan hidup Jessica adalah membuang sel kanker dengan mengamputasi paha kanannya. Itu pun risiko sel kanker menyebar ke bagian lain masih tinggi.

Baca juga: Halimah Yacob, Presiden Perempuan Pertama Singapura

”Kata dokter, aku tidak bisa menjalani amputasi biasa. Sebagai gantinya, aku harus menjalani rotationplasty. Tulang pahaku dipotong, kemudian kaki bagian bawah ditempelkan di pinggang, dengan posisi diputar 180 derajat. Dengan begitu tumit akan menjadi lututku,” beber Jessica.

Halaman 2: Jessica Quinn dioperasi