Kegembiraan tersirat dari raut aktris dan model Joanna Alexandra ketika memberikan ASI eksklusif pertama untuk bayinya di ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU) RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, pada Selasa (30/5) lalu.

Maklum, itu adalah kali pertama Joanna bisa menyentuh si kecil. Bayi yang diberi nama Ziona Eden Alexandra Panggabean harus dirawat secara terpisah karena mengalami gangguan pernapasan dan kondisi kaki tidak normal. ”Hari ini aku baru kasih ASI eksklusif untuk baby Zio. Ini hari pertama kami saling bersentuhan sejak Zio dirawat intensif di rumah sakit. Baby Zio dirujuk ke RSIA Bunda sejak Jumat (26/5, red),” terang Joanna.

Seminggu mendapatkan perawatan intensif, kondisi bayi Joanna sudah berangsur membaik. Alat bantu pernapasan yang terpasang selama masa perawatan sudah dilepas. ”Kata dokter kemungkinan kena infeksi saat dilahirkan. Kebetulan aku cek darah hasil leukositnya tinggi, jadi turun ke anaknya menghambat pernapasan,” jelas Joanna.

Sementara itu, kaki putri kecil Joanna mengalami congenital talipes equinovarus (CTEV) atau yang lebih dikenal dengan club foot, yakni kondisi terpuntirnya pergelangan kaki ke arah dalam pada bayi yang baru lahir. ”Untuk masalah kaki kiri tidak perlu dikhawatirkan karena ada penangangan khusus. Nanti katanya tinggal dilurusin dengan gips. Bahkan kalau mau cepat tinggal dioperasi tapi kita ikut terapi saja,” sela Raditya Oloan, suaminya yang sedang berada di sana saat itu.

Joanna Alexandra dan Raditya Oloan Menikmati Rumah Tangga dengan Banyak Anak – Tabloid Nyata Joanna Alexandra dan Raditya Oloan menikmati rumah tangga dengan banyak anak. Bagaimana … [Read More]

”Anak-anak doa semua agar adiknya segera pulang. Sejak kecil aku sudah ajarkan mereka untuk berdoa sama Tuhan,” kata Raditya. Tak hanya ketiga kakaknya, sebagai ibu, Joanna juga sedih lantaran harus kembali ke rumah tanpa menimang bayi. Ini merupakan pengalaman pertama baginya meski telah tiga kali melahirkan sebelumnya. ”Kemarin itu aku malah pulang sendiri dan baby Zio harus tinggal di rumah sakit.

Waktu melahirkan tiga anak sebelumnya selalu pulang bareng ke rumah. Tapi yang keempat ini justru kami diuji Tuhan,” kenang Joanna. ”Kami tidak menolak atau marah pada Tuhan. Jadi kita bersyukur dan berserah saja. Ternyata dalam prosesnya Tuhan memberi mukjizat yang luar biasa kepada kami,” timpal Raditya. *why/adi/fel

Lebih mengenal tentang penyakit yang diderita bayi Joanna, Congenital talipes equinovarus (CTEV) atau yang juga dikenal dengan club foot? Baca ulasan bayi Joanna Alexandra dan Raditya Oloan di Tabloid Nyata edisi 2396 yang terbit tanggal 3 Juni 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here