Ini Cara Andien Aisyah Turunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

Andien Cinta Breastfeeding
Foto: DokPri

Baru beberapa bulan melahirkan bayinya, tubuh Andien sudah terlihat langsing. Namun ia mengatakan kalau berat badannya sebenarnya belum turun sejak melahirkan. Diakui Andien, pola makan dirinya dari sebelum hamil, saat hamil, dan setelah melahirkan tidak ada perubahan drastis, hanya berubah jam makannya saja ”Jam makannya ditambah. Sekarang ini bisa jam 2 pagi aku laper, jam 4 laper, langsung makan,” tuturnya.

“Selama hamil berat badanku naik 11 kg. Kemudian saat melahirkan turun 6 kg. Bayinya sendiri beratnya sudah 3,3 kg, sisanya darah, plasenta, dan lainnya. Totalnya turun 5 kg. Sampai sekarang belum turun-turun lagi. Sampai sekarang beratku 51 Kg,” jelasnya.

Awalnya Andien punya target untuk menurunkan berat badannya agar kembali ideal setelah melahirkan. Tapi ternyata setelah dijalaninya ia akan memikirkan hal itu di enam bulan sesudah bayinya harus mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). ”Karena survey membuktikan bahwa ibu-ibu yang khawatir dengan berat badannya dan berusaha menguruskan, cenderung memiliki masalah dengan ASInya. Karena itu berbanding lurus dengan masalah stres ibunya. Jadi aku berusaha tapi aku nggak berusaha keras. Dalam arti aku berolahraga untuk sehat, tapi tidak untuk menguruskan badan,” paparnya. Andien yakin bila pemberian ASI ekslusif pada bayinya, bisa dijadikan satu cara untuk melakukan diet secara alami pada ibunya. “Itu benar. Jadi memang perutnya kempes, tapi aku juga nggak ngerti bagaimana itu bisa terjadi. Perutnya yang tadinya blendung bisa kempes tapi berat badannya tidak turun. Mungkin karena makanku juga banyak sekali, karena menyusui perutku jadi lapar terus. Tapi aku tidak mencoba untuk mengerti kenapa itu bisa terjadi, selama bajunya masih bisa dipakai, buatku itu tidak masalah,” katanya.

Bagi Andien itu adalah salah satu keajaiban dari memberi ASI pada bayinya. Bahkan diakuinya bila dirinya sangat mencintai breastfeeding. “Aku cinta sekali breastfeeding. Aku menunggu-nunggu momen dimana aku selalu bisa menyusui dia. Dan Alhamdulillah selama tiga bulan ini selalu memberikan ASI secara langsung pada bayiku. Selalu langsung menyusuinya, tidak pernah menggunakan bantuan media apapun. Karena itu anaknya ikut akau kemanapun.

Tips Andien Aisyah dalam Merawat Anaknya Andien Aisyah adalah salah satu selebriti yang memiliki kisah seru menjadi seorang … [Read More]

Aku nggak mau kehilangan momen breastfeeding itu. Karena itu momen berharga banget buatku,” katanya. Bahkan ada adegan menyusui dalam video klip lagu terbaru Andien yang berjudul belahan Jantungku. Dan Andien patut berbangga hati, karena adegan tersebut tak dimiliki penyanyi lain, alias satu-satunya di dunia.

Scene-nya nggak sengaja masuk ke video klip karena saya bikin video klip usia bayi saya dua minggu. Karena saya 40 hari nggak keluar rumah, makanya syuting di rumah. Kebetulan bayi aku nyusu, ya sudah kebetulan nyusu di kursi tengah tempat syuting, ternyata bagus juga. Dan aku rasa ini video klip satu-satunya di dunia, di mana ada orang menyusui dalam video klip,” ujar Andien. *omi/fel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here