Siapa yang tak kenal dengan Kartini? Pejuang wanita yang selalu diperingati setiap 21 April ini memiliki sisi humanis yang belum tersentuh. Sisi itu kemudian dibesut dalam garapan anyar sutradara kondang, Hanung Bramantyo. Film ini memang layak untuk ditunggu. Pasalnya, film yang diproduksi oleh Legacy Pictures yang bekerja sama dengan Screenplay Production ini dibintangi sederet bintang terkenal seperti Dian Sastro, Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Adinia Wirasti, dan lain sebagainya.

”Menariknya gini, sosok Kartini termasuk sosok yang cukup well documented dibandingkan dengan tokoh yang lain. Banyak sekali yang menulis beliau,” papar Hanung. Namun bukan berarti Hanung tak menemui kesulitan dalam membuat film Kartini. Ia membutuhkan tiga tahun sebelum film tersebut dibuat. Menurut Hanung, kesulitan justru terletak pada saat mengaplikasikan riset. ”Kami banyak sekali melakukan kompromi pada saat mengaplikasikan risetnya. Dari 100 persen data riset yang kami peroleh, kami hanya pakai 40 persen,” ungkap Hanung.

Demi hasil yang maksimal, Hanung menambah kreasi yang dicocokkan dengan masa sekarang. ”Kostum, properti, ukir-ukiran itu Insya Allah otentik lah. Tempat minum, kereta kuda. Selebihnya nggak,” ujar Hanung. Bukan kali ini saja Hanung membuat film biopik. Sebelumnya, Hanung sempat membuat film serupa seperti Sang Pencerah, Soekarno: Indonesia Merdeka, Rudy Habibie dan lain sebagainya. ”Membuat film biopic, apalagi sebuah film periodik tidak bisa main-main. Salah satu kendala paling besar dalam Kartini itu menyiasati lokasi yang sudah tidak otentik lagi,” jelas Hanung.

Acha Septriasa Meninggalkan Suami di Australia demi Peran Acha Septriasa untuk kembali ke dunia entertain setelah menikah. Apa yang mendasari … [Read More]

Ketika ditanya apakah film Kartini akan menuai sukses, Hanung tak ingin berandai-andai. Ia hanya ingin agar masyarakat melirik film yang digarapnya ini. ”Waduh, dihadapkan pada film komedi, horor, lagi laku semua. Ya saya berharap banyak pada penonton sajalah. Sisihkan uang untuk menonton film Kartini,” serayanya sambil tertawa.•bay/feb

Bagaimana cara Hanung membuat penontonya relate? Penasaran dengan proses pemilihan pemainnya? Baca ulasan film Kartini Hanung Bramantyo di Tabloid Nyata edisi 2388 terbit tanggal 8 April 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here