Curhat Kartika Putri yang Merasa Diintimidasi Karena Kenakan Cadar

0
26
Foto : Dok. Instagram Kartika Putri

Belum genap dua bulan berhijrah, Kartika Putri sudah merasakan pengalaman tidak menyenangkan. Mengiringi foto dirinya yang memakai cadar (niqab) abu-abu, Kartika menceritakan kronologis kejadian tersebut di kolom caption-nya.

Berawal dari diterimanya kiriman cadar tersebut, untuk kebutuhan endorsement. Dia pun mengenakan cadar itu hingga di bandara. Namun dia kaget ketika sampai di sana, perempuan kelahiran kota Palembang ini diperlakukan berbeda oleh petugas.

Baca juga :  Mantap Berhijab, Kartika Putri Minta Foto-fotonya Dihapus

Presenter yang terkenal dengan ciri khas medok-nya ini merasa terintimidasi, ketika petugas memeriksa kopernya. Padahal, hanya berisi buku-buku. Bahkan, Kartika yang telah lolos sensor security check  harus melalui pemeriksaan tubuh kembali secara manual, oleh petugas.

Assalamuallaikum warahmatullahi wabarakatuh.. Pengalaman aku hari Ini sangat berharga untuk aku dan mungkin kita semua.. Jadi hari Ini aku dpt kirim an endorse yaitu berupa syari dan niqab.. setelah foto aku buru karena pagi Ini aku harus ke bandara dan pakai taxi online (krn tdk ada yang bisa antar) jadi aku pake deh niqabnya biar nyaman dan aman aja.. smp dibandara aku tetap pake karena nyaman aja tp Sedih dan miris sekali karena sampai dibandara saya masuk di security check (Lolos karena tidak ada bunyi) tp koper saya diperiksa secara random ( FYI: sy selalu bawa koper kecil yang kosong untuk bawa buku saja) lalu sy bertanya knp random cuma sy pdhl koper saya kosong.. saya bilang apa krna saya pakai cadar (masih tenang)dan mereka cuma bilang random aja.. dan saya buka tetapi pandangan mereka sangat tidak “nice”😭 dan tidak sampai disitu.. dipemeriksaan ke dua terjadi hal yang sama bahkan di diperiksa tubuhnya(oleh petugas wanita memang) pdhl sy lolos sensor 😭😭 lagi dan lagi koper dan mereka meminta boarding pass pdhl sudah diperiksa 1x didepan😭😭 yaAllah mengapa aku merasa di “intimidasi” dengan niqab ini.. apa salah nya jika muslimah menggunakan niqab.. demiallah memang lebih nyaman (tdk menjadi pusat perhatian laki laki) dan merasa aman.. tp kenapa disini yang notabennya kebnykan orang muslim tp tdk bisa berlaku adil dan menerima dgn baik kepada muslimah yg menggunakan niqab.. Saya Jadi makin tertantang tuk menggunakan niqab ditempat umum lainnya tuk lbh tau bgmn reaksi sekeliling.. hmm Ingat ya kami muslimah yang menggunakan niqab juga mempunyai hati dan perasaan jd perlalukan lah sbgmn mestinya..🙏🏻🙏🏻 tnp di intimidasi.. 😭😭😭 Masih syock dan sedih😭😭😭 Saya paham akan SOP dan ini bukan pertama sy ke bandara hehe tp jelas perbedaannya.. saya hanya mengutarakan apa yang saya alami agar lebih baik kedepannya.. klo bukan kita siapa lagi yang memperjuangkan hak yang sama sbg warganegara tnp membeda bedakan suku ras dan agama👍 #bacadenganbaikdanbenar #yangsensitiveyangkomenkayanya🙈 #semogakitasemuadapathidayah #toleransi #hakmuslimahdenganniqabnya #bacayangbaikbarukomen

A post shared by Kartika Putri (@kartikaputriworld) on

Artis yang bermain dalam film Nenek Gayung (2012) ini merasa sedih, dengan kejadian tersebut. Dia merasa diskriminasi itu tidak perlu untuk dilakukan. Dia juga mengatakan setiap warga negara itu memiliki hak untuk diperlakukan setara, tanpa melihat ras dan agama.

Netizen membanjiri unggahan tersebut dengan berbagai komentar. Ada yang menilai tindakan petugas bandara sudah benar adanya, karena mereka hanya menjalankan tugas.

Baca juga :  Gara-gara Kenangan yang Salah, Badai Kerispatih Merasa Tak Dihargai

“Jangan salahkan petugasnya, mereka pun hanya menjalankan tugas bukan bermaksud mengintimidasi,” tulis akun @septiyanarl_. “@ummidesalma475 pada intinya yg pihak bandara lakukan untuk keselamatan dari semua pihak, berfikir panjng dan positive lah,” tulis akun @sitimarkamah0612 menambahkan.

Tetapi ada juga yang memberikan pembelaannya untuk sang artis. “Waalaikum salam. Iya begitulah kk dinegara mayoritas rasa minoritas. Giliran yg berniqob dibilang ninja atau teroris,” tulis [email protected] ifha1407. “Semoga trs istiqomah yh teteh…. Jd cinta pdhl dulu biasa2 aja,” tulis akun @lee_juni menambahkan.