Irina Chiu, Pemain Merangkap Produser Film Pai Kau yang Mantan Pegawai Bank

0
89
Film Pai Kau
Foto: Reza/Tabloid Nyata

Belakangan Irina Chiu mengaku sangat sibuk. Bahkan, kesibukannya makin terasa menjelang pemutaran perdana film Pai Kau. Di film itu, Irina tak hanya sebagai pemain tetapi merangkap produser. Film Pai Kau adalah film pertama yang menjadikannya pemain sekaligus produser.

Sebenarnya, menurut Irina, bukan dirinya saja yang bertindak sebagai produser di Pai Kau. Tapi ada rekannya yang lain, Tekun Ji. Namun, Irina memiliki tanggung jawab yang lebih besar. ”Ternyata menjadi produser itu tugasnya banyak. Dari cari sponsor sampai penonton” kata Irina ketika ditemui Nyata di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (6/2).

A post shared by Irina Chiu (@irinachiu) on

“Enakan jadi pemain sih. Saya kan pernah jadi pemain saja. Selesai syuting urusan kelar, paling ikut untuk promo saja,” tambah wanita yang sempat bermain berama Rio Dewanto di film Love and Faith itu.

Meski sekarang menekuni bidang perfilman, Irina melewati masa remajanya di Jerman bersama orangtuanya. Ibunya Catherina Tan berkarir dibidang farmasi, sedang ayahnya Tjie Jan Tan dibidang research bio kimia dan bio teknologi. Orangtuanya sendiri asal Indonesia. Setelah lulus kuliah di Jerman, Irina mendapat pekerjaan di Singapura.

Baca juga: 5 Sutradara dan 5 Cerita untuk 5 Sila di Film Terbaru Lola Amaria

Irina berprofesi sebagai business planning di sebuah bank multinasional di Singapura selama dua tahun. Namun kerja kantoran tidak menyusutkan passion Irina di dunia akting. ”Saya sudah kenal akting sejak masih kecil ketika tinggal di Jerman. Waktu itu sering ikut kelas teater,” terang sulung dua bersaudara ini.

Karena itulah, di tengah kesibukannya, Irina tetap bersentuhan dengan dunia akting. ”Misalnya habis meeting dan ada waktu break, saya ikutan casting. Disana kan casting memang sudah terjadwal, tinggal datang, lalu casting, paling lama setengah jam. Malamnya, pulang kerja, saya ikutan course di New York University Tisch School of the Art Asia,” kata Master’s Degree in Business Administration (Diplom-Kauffrau), University of Mannheim, Jerman itu.

Kesibukannya yang padat, membuat Irina kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan akting. Pada akhirnya, Irina memilih akting. Orang tuanya sempat kaget dengan pilihan putri pertamanya itu.

Foto: dokPri-Instagram

”Begitu lepas dari kerja kantoran, memang free banget rasanya. Bisa bangun jam berapa saja, tidak dikejar meeting dan proyeksi ini itu lah. Tapi lama-lama, saya juga kepikiran, saya mau jadi apa ya? Mau mulai dari mana ya? Dan, jujur, saya rindu gajian,” canda Irina.

Jika dibidang perbankan, Irina sudah memiliki karir yang mapan, namun tidak di dunia hiburan. Dia harus mulai dari bawah. Termasuk ketika dia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air, setelah menghabiskan banyak masa kecil dan remajanya di luar negeri. Apakah menyesal? ”Nggak. Justru saya akan menyesal kalau saya tidak melakukan apa yang menjadi impian saya. Saya tidak mau menyesal kemudian hari,” aku Irina. *nez/dro/fel

Selain film Pai Kau, baca juga info-info terbaru selebriti Indonesia lainnya di Tabloid Nyata edisi 2432 terbit tanggal 10 Februari 2018.