Raut kesedihan terpancar jelas di wajah Yana Zein saat memasuki terminal 2-D, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (30/1) lalu. Sejak tiba di bandara, tatapan mata perempuan kelahiran 27 Agustus 1972 itu tak pernah lepas dari kedua putrinya, Aurelia Callista (13) dan Alika Pandora Salvine (12). Yang membuat mereka sedih, karena harus berpisah dalam waktu lama, sebab Yana harus menjalani pengobatan di Negeri Tirai Bambu selama tiga bulan. Berpisah dari kedua anaknya menjadi ujian terberat dalam hidup Yana Zein. Kendati demikian, Yana mempunyai resep tersendiri untuk mengobati rasa rindu terhada kedua belahan hatinya tersebut.

“Saya orangnya rada lucu. Kalau pergi ke mana-mana harus bawa bantal, guling, dan selimut anak-anak. Kalau kangen, saya pakai selimutnya,” ujar pemeran Ibu Priyanka dalam sinetron Cinta di Langit Taj Mahal (2015) ini.

Penawaran berobat ke luar negeri tersebut diterima Yana saat ia sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit di Jakarta Selatan, beberapa bulan yang lalu. Ketika itu dua profesor dari kota Guangzhou mendatanginya. Setelah berdiskusi dengan pihak keluarga, akhirnya Yana menerima tawaran tersebut.*Bay/ bas

Ingin tahu kisah lengkap bagaimana Yana Zein mendapatkan pengobatan gratis di rumah sakit di Guangzhou? Simak kisah lengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2379 terbit tanggal 4 Februari 2017.