Nama Mahershala Ali mungkin kurang dikenal oleh penonton film di Indonesia, namun aktor yang berperan di film Moonlight ini adalah seorang muslim pertama yang menjadi pemenang Oscar dalam kategori best supporting actor lho! Siapa dia sebenarnya?

Menggunakan nama Mahershala Ali setelah tahun 2010

Mahershala Ali dulunya dikenal dengan nama Mahershalalhashbaz Ali, mungkin karena namanya yang cukup susah untuk dikatakan, Ali akhirnya menanggalkan nama ini sebagai nama panggungnya pada tahun 2010.

Maheshala Ali

Sempat main di film-film besar

Sebelumnya Ali juga sudah berperan di seri-seri populer seperti House of Cards sebagai Remy Danton, Luke Cage sebagai Cornell Stokes, The Hunger Games: Mockingjay – Part 1 dan Part 1 sebagai Colonel Boggs dan Tizzy di The Curious Case of Benjamin Button. Namun memang tidak bisa dipungkiri bahwa namanya menjadi fenomenal setelah ia berperan sebagai Juan di film Moonlight yang juga masuk nominasi Oscar.

Mendapatkan banyak penghargaan sebagai Juan

Sebagai Juan, sebelumnya Ali juga sudah memenangkan beberapa penghargaan sebagai best supporting actor di Critics’ Choice Awards pada Desember 2016 dan Screen Actor’s Guild pada 2017. Setelahnya, ia memenangkan Piala Oscar di kategori yang sama hari ini di 89th Academy Awards.

Mahershala Ali

Ali adalah seorang muslim yang tergabung di dalam Ahmaddiya Muslim Community dan ia merupakan ayah satu anak. Istirnya bernama Amatus Sami-Karim dan ia pun memiliki seekor kucing lho!

Baca juga: Red carpet Oscar 2017 yang fenomenal

Seperti yang kamu ketahui, film yang membawa nama Ali kepada penghargaan memang tidak rilis di Indonesia. Mungkin hal ini dikarenakan oleh tema dari Moonlight yang cukup berat dan beberapa hal yang tidak sesuai dengan norma yang beredar di negara kita. Namun secara singkat, film ini bercerita tentang kehidupan seorang anak bernama Chiron yang juga dikenal dengan nama Little.

Chiron yang diperankan oleh Alex Hibbert memiliki seorang ibu bernama Paula (Naomie Harris) yang melakukan kekerasan kepadanya. Chiron kemudian bertemu dengan Juan (Mahershala Ali), seseorang yang mengajarinya untuk menjalani hidup dengan keputusannya sendiri. Chiron di film ini pun diperankan oleh tiga orang aktor karena Moonlight menceritakan tiga babak kehidupan darinya, yakni saat ia masih kecil yang diperankan oleh Alex, saat remaja yang diperankan oleh Ashton Sanders dan saat dewasa yang diperankan oleh Trevante Rhodes.