Penggemar komedi pasti familiar dengan nama Kadir (65). Dalam layar lebar, pria yang terlahir dengan nama Mubarak tersebut kerap dipasangkan dengan pelawak Doyok. Pria kelahiran Lumajang, Jawa Timur, itu juga salah satu anggota Srimulat. Terakhir, dia membintangi film berjudul Finding Srimulat pada 2013. Setelah tiga tahun vakum, bapak dari enam anak tersebut kembali terlibat di layar lebar berjudul Generasi Kocak: 90an VS Komika. Film tersebut memang merupakan kolaborasi komedian dari dua generasi berbeda. Sebagai pemain senior, Kadir sangat senang diberi kesempatan bermain dengan komedian muda.

Zaman telah berubah. Selera masyarakat pun turut berubah. Kadir sadar kehadiran para pelawak baru mau tidak mau menggeser popularitas yang senior. “Saya sudah senior, sudah lama, mau dijual dengan para senior lain pasti nggak laku. Kita sebagai pelawak harus siap digantikan. Sebab tontonan yang terlalu lama itu menjemukan. Istilahnya, kita ‘dihabisi’ yunior,” papar Kadir. *bay/ dro

Ingin tahu lebih banyak tentang karir pelawak Kadir dan kesibukannya setelah muncul banyak pelawak muda? Baca selengkapnya di Tabloid Nyata edisi 2378 terbit tanggal 27 Januari 2017.