Bila ditanya apa asosiasi yang paling tepat untuk kata Oscar, jawabannya pasti adalah Oscar Statuette yang diperebutkan sejak tahun 1929 oleh para penggarap film. Namun tahukah kamu bahwa sebenarnya ada banyak fakta unik piala Oscar yang berasal dari patung tersebut?

Dibuat berdasarkan diskusi besar penggarap film

Tidak lama setelah pembetukan Academy of Motion Picture Arts and Sciences pada tahun 1927, organisasi ini menggelar makan malam pertama mereka di Crystal Ballroom di hotel Biltmore, Los Angeles. Salah satu topik yang didiskusikan pada malam itu adalah bagaimana cara mereka memberikan penghargaan kepada para penggarap film, hingga akhirnya mereka memutuskan untuk membuat patung fenomenal ini.

Oscar hanyalah nama panggilannya

Patung yang didesain oleh art director dari MGM bernama Cedric Gibbons ini awalnya diberi nama Academy Award of Merit. Tidak jelas mengapa patung ini akhirnya menjadi memiliki nama panggilan Oscar, namun ada cerita yang mengatakan bahwa Margaret Herrick pada saat itu menjadi pustakawan di AMPAS (Academy of Motion Picture Arts and Science) mengatakan bahwa patung ini mirip Paman Oscar.

Nama ini akhirnya dipakai secara resmi pada tahun 1939, namun salah satu hal yang membuat nama Oscar menjadi populer adalah ketika kolumnis bernama Sidney Skolsky menyebutkan piala ini sebagai “Oscar” saat ia menulis tentang kemenangan Katharien Hepburn yang pertama.

Baca juga: 5 penyanyi ini pernah dapat Oscar lho!

Fakta Unik Piala Oscar
Sumber gambar: Newyorker

Sempat dibuat dengan semen saat Perang Dunia II

Statuette ini dikenal dengan kualitasnya yang tinggi dan dibuat dengan perunggu yang dilapisi emas 24-karat. Namun saat Perang Dunia II, AMPAS kekurangan metal untuk membuat statuette dengan kualitas yang sama sehingga akhirnya mereka membuat Oscar dengan semen yang di cat. Pada akhirnya, para pemenang Oscar di tahun-tahun perang diperbolehkan untuk mengganti patung semen mereka dengan patung metal.

Baca juga: Sering masuk nominasi, selebriti ini tidak pernah menang Oscar

Bentuknya bukan sekedar lelaki yang berdiri, tetapi…

Bila kamu berpikir bahwa Oscar hanyalah seorang lelaki yang berdiri, maka kamu salah besar. Oscar adalah patung seorang ksatria yang berdiri tegap dengan membusungkan dada. Bila dipelajari lebih lanjut, patung mewah ini memang memiliki lambang yang pas untuk para peraihnya. Metal yang dilapisi emas menandakan kemewahan yang didapat, ksatria yang berdiri tegap melambangkan rasa bangga atas pencapaian meereka, dan seorang ksatria sendiri adalah lambang dari perjuangan keras mereka hingga bisa mencapai ke titik ini.