Logan Ukir Sejarah di Academy Award 2018

0
3
Foto: 20th Century Fox

Meski sudah membius para penggemar film selama hampir dua dekade, namun tema superhero seperti tak pernah dilirik oleh ajang penghargaan Oscar. Setidaknya sampai sekarang.

Diawal tahun 2018 ini, Logan menorehkan satu catatan penting dalam sejarah perfilman dunia. Film adaptasi komik tersebut, masuk dalam nominasi Academy Award 2018 untuk kategori Best Adapted Screenplay.

Tidak sendiri, James Mangold bekerja sama dengan Scott Frank (The Wolverine, Minority Report) dan Michael Green (Alien: Covenant, Murder on the Orient Express) untuk mengadaptasi Logan dari komik ke layar lebar.

Sebelumnya, film superhero yang berhasil dilirik Oscar hanyalah The Dark Knight. Film tersebut mengantar Heath Ledger memenangkan piala Oscar dalam kategori Best Supporting Actor, untuk perannya sebagai Joker. Sayangnya Ledger keburu meninggal, sebelum dirinya sempat naik ke atas panggung dan menerima pialanya.

Beberapa waktu lalu, kesuksesan Wonder Woman baik di tangga box office maupun di mata kritikus, membuat banyak pihak yakin bahwa film tersebut bakal bisa menembus Oscar. Namun ternyata, hal tersebut hanya sebatas wacana.