Beberapa waktu lalu, Nyata mendapat kabar bahwa Nunik yang tengah sibuk dengan profesi barunya sebagai seorang penyanyi, mendadak tinggalkan Jakarta dan kembali ke kampung halamannya di Lampung. Kepulangan Nunik pada awal tahun ini tergolong mendadak. Hal tersebut dikarenakan ingin merawat ibunya, Endang Narwiati (50), yang mengalami sakit lambung.

Namun ada yang menarik selama dia disana. Bercerita kepada Nyata, kabar kepulangannya dengan cepat menyebar, dan ia pun menjadi pusat perhatian. Tidak hanya bertanya kabar, para tetangga pun meminta selfie bersamanya. Selain itu, datang pula tawaran untuk mengisi acara. Sayang katanya, ia tak bisa bypass, semua harus lewat manajer.

Tidak hanya sekedar merawat ibunya yang sakit, namun Nunik juga harus melayani para tetangga, yaitu orang-orang yang sayang sama dia. Mereka yang dulunya menyaksikan Nunik tumbuh, hingga kini menjadi seleb karena aksi lipsync Sambalado Ayu Ting Ting yang meledak di media sosial.

“Tetangga ini bagian dari hidup saya,” kata Nunik yang kini memilih berkarir di Jakarta dan berhenti jadi TKW.

Baca juga: Setelah Sukses Jakarta, Nunik Ambarwati Malah Pulang Kampung

Dikenal Sebagai Eti

Sudah tujuh tahun Nunik merantau dari dusun tersebut. Meski kini ia dikenal masyarakat banyak dengan nama Nunik Ambarwati, namun di kampung halamannya, tidak ada yang memanggilnya Nunik, semua memanggilnya dengan nama Eti. Ya, Nunik bernama asli Eti Susanti. Nama Nunik disandangnya ketika akun Facebook-nya di hack seseorang, dan diganti dengan nama Nunik Ambarwati. Saat memakai akun itulah, aksi lip sync yang dia unggah menjadi fenomenal.

“Ini Eti makin cantik ya,” kenang Nunik menirukan ucapan tetangganya.

Bagi tetangga dan keluarganya, nama Nunik hanyalah nama panggung dan mereka pun maklum terhadap perubahan tersebut. “Namun bagi keluarga, aku tetap Eti mereka. Sayang sekali sama semuanya,” ujar Nunik sumringah.

Seperti diketahui, mantan TKW di Singapura ini, membius jutaan penduduk negeri dengan gaya seolah-olah bernyanyi, padahal tidak: Lip sync. Semua aktivitas Nunik Ambarwati ditunggu 2,5 juta viewers di akun media sosial. Kehidupannya berubah, sesaat setelah sang majikan memberikan HP dan membuatkannya akun Facebook.

Baca juga: Nunik Ambarwati, Pahlawan Devisa yang Sukses Melalui Video Lip Sync

Berkat aksi lipsync lagu Sambalado Ayu Ting Ting yang diperagakannya sambil bergoyang, Nunik mencuri perhatian netizen Facebook. Terlebih, karena profesinya sebagai TKW yang sedang mengulek sambel di cobekan. Dalam waktu 3 hari, video hasil unggahannya mendapat 1 juta penonton dan 500 ribu like. (*)