Acha Septriasa, Hidup Dengan Satu Ginjal

0
1731

Sebagai bintang film yang sangat produktif  tak banyak yang tahu kalau Acha Septriasa, menjalani hidup  hanya dengan satu ginjalnya. Bagaimana dia  menjalani ?

Secara fisik tidak ada yang aneh dari sosok Acha  Septriasa (26). Dia terlihat cantik, energik, penuh semangat dan tetap produktif. Sepanjang karir filmnya, wanita kelahiran 1 September 1989 ini,  telah bermain dalam puluhan judul film dan sinetron.

Bahkan sepanjang tahun ini saja, Acha telah  menyelesaikan syuting enam judul film. Sebuah pencapaian dan kerja keras yang luar biasa. Namun siapa sangka, di balik itu semua, Acha sapaan akrab pemilik nama Jelita Septriasa ini,  ternyata menjalani semua aktifitasnya dengan satu ginjal.

Meski hanya mempunyai satu ginjal sejak lahir, Acha mengaku tak pernah khawatir. Kondisi itu tidak mengubah cita-cita hidupnya. Acha tetap fokus berkecimpung di dunia film. Menurut Acha, setelah tahu kondisinya, dirinya tinggal menjaga kualitas hidupnya. Baginya hidup dengan satu atau dua ginjal tak ada masalah. ”Saya baik-baik saja. Orang-orang yang heboh. Banyak yang bertanya ini itu,” ujar Acha saat ditemui menjelang syuting program acara televisi Kamis (12/12)  lalu di bilangan Kedoya,  Jakarta Barat.

Acha mengaku, hidup dengan satu ginjal tidak terlalu mengganggu aktifitas dan kemampuannya. Ia tetap bisa beraktifitas dan hidup secara normal, walaupun harus waspada dan menjaga makanan. Acha mengaku hingga saat ini tidak ada masalah dengan kesehatan maupun fisiknya.

Buktinya, Acha juga tak mengeluh saat syuting film terbarunya berjudul Bulan Terbelah di Langit Amerika. Acha syuting film itu di Amerika Serikat selama 45 hari. Film yang mengambil setting cerita di negara Amerika Serikat ini diangkat dari novel berjudul sama, karangan novelis pasangan suami istri Hanum Rais dan Rangga.

Acha saat syuting film bulan terbelah di Langit Amerika.foto-Net

Sebelumnya, Acha baru menyelesaikan syuting dua judul film Mars dan Sabtu Bersama Bapak. Syuting ke dua fim itu  di London dan Paris. Acha merasakan staminanya sedikit menurun. Untuk mengembalikan kesehatannya, Acha mengejar dengan pola makan yang sehat. Makan tak boleh telat, tidak lupa minum air jeruk nipis , madu dan susu. ”Capek, kelelahan tentu saja. Saya harus menyelesaikan 3  judul film di akhir tahun ini. Alhamdulillah semua berjalan baik. Ini berkah yang luar biasa dari Allah,”  tuturnya.

Acha sangat menyadari, dirinya hidup dengan satu ginjal. Ia harus pandai mengatur ritme kerja. Untuk menjaga ginjalnya tetap stabil. ”Kuncinya agar tetap sehat, saya harus banyak minum air putih. Menjaga pola makan agar stamina tetap baik,” katanya.

Gadis yang  mengawali karir sebagai finalis Gadis Sampul 2004 itu menceritakan, awalnya ia sendiri tidak menyadari mempunyai satu ginjal. Selama itu, ia tidak pernah mengeluh ada rasa sakit di daerah tertentu pada tubuhnya.

Buktinya, sejauh ini karirnya baik-baik saja. Semua bisa berjalan dengan lancar. Acha  baru mengetahui hidup dengan satu ginjal ketika duduk dibangku SMA. Waktu   itu,  Acha sedang syuting film tiba-tiba jatuh pingsan.

”Semula mengira kecapekan biasa. Tapi begitu periksa lebih mendalam, dokter mengatakan ternyata saya hanya punya satu ginjal. Jelas semua kaget donk. Karena waktu itu orangtuaku juga baru mengetahui masalah ini,” tutur Acha.

Acha berkonsultasi dengan banyak dokter. Kesimpulan yang diperoleh mengembirakan Acha. Orang yang punya satu ginjal bisa hidup normal. ”Selama masih bisa menjaga kesehatan, dan tidak sampai capek, aku masih bisa beraktivitas seperti biasa,” ungkapnya.*kri/tgh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here