Choi Kang Hee, Aktris Korea Pertama yang Donor Sumsum Tulang Belakang

0
125

Aktris Choi Kang Hee kembali dipuji karena aksi sosialnya. Lewat Instagram pribadinya, dia membagikan pengalaman saat melakukan donor darah. Bintang drama Good Casting dan Hello, Me! itu juga mengunggah beberapa foto dirinya memakai masker dan topi sambil menunjukkan sebuah sertifikat donor darah yang diterimanya.

”Tidak ada syuting, akhirnya donor darah hari ini. Sudah dua bulan tidak melakukan. Senang sekali bisa donor lagi. Saya ingin donor trombosit juga,” tulisnya di akun @gangjjang337, belum lama ini.

Choi Kang Hee menunjukkan sertifikat donor darahnya

Sebenarnya bukan kali ini saja, wanita berusia 44 tahun itu melakukan donor darah. Pada 2006 lalu, ia bahkan mendapat piagam penghargaan dari Palang Merah Nasional Korea karena seringnya donor darah. Choi Kang Hee juga merupakan selebriti pertama yang mendapat piagam penghargaan tersebut.

Tidak hanya itu darah, pemain drama 2000 Romeo and Juliet ini pernah mendapat pujian karena mendonorkan sumsum tulang belakangnya untuk pasien anak yang menderita leukimia.

Pada 1999 lalu, Choi Kang Hee memang pernah berjanji akan mendonorkan sumsum tulang belakangnya. Namun ia baru bisa melakukannya pada 2007 lalu, setelah ada pasien yang punya sumsum tulang belakang kompatible dengannya.

Menariknya saat perwakilan KMDP (The Korea Marrow Donor Program/Program Donor Sumsum Korea), Choi Kang Hee sedang melakukan syuting. ”Saat kami beritahu, dia langsung menghentikan syuting dan pergi ke rumah sakit di Seoul untuk menjalani pemeriksaan apakah ada kecocokan dengan penerima,” tutur perwakilan KMDP.

Akting Choi Kang Hee di Hello, Me!
”Sangat jarang menemukan seseorang yang memiliki sumsum tulang yang sepenuhnya kompatibel dengan pasien. Kami sangat menghargai donasinya dan juga berharap perbuatan baiknya akan mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi,” lanjut perwakilan KMDP.

Saat itu agensi Choi Kang Hee, Fly Up Entertainment sempat panik. Mereka khawatir artisnya mengalami kelelahan. ”Kami mencoba mencegahnya. Kami takut membahayakan kesehatannya. Tapi Choi bersikeras ingin menolong pasien tersebut.”  
Para ahli mengatakan setelah transfer sumsum tulang, pendonor dapat mengalami beberapa komplikasi pasca operasi seperti pusing selama beberapa hari. Jadi sangat penting bagi pendonor untuk beristirahat.

”Choi ternyata kuat dan fisiknya bagus. Setelah donor dia tidak mengalami gangguan apapun. Dia tetap sehat,” lanjut perwakilan Fly Up Entertainment. 

Menurut Fly Up Entertainment, Choi Kang Hee juga mendapat penghargaan karena aksinya tersebut. Sebab dia menjadi selebriti Korea pertama yang mendonorkan sumsum tulang belakangnya. Keren ya! *amy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here