Pesawat Jet Tempur Siluman F-35 Milik AS Jatuh di New Mexico

Ilustrasi pesawat F-35B milik AS jatuh. Foto: Shutterstock
Ilustrasi pesawat F-35B milik AS jatuh. Foto: Shutterstock

Pesawat tempur siluman milik militer AS jatuh di sekitar lapangan terbang di Albuquerque International Sunport, bandara internasional utama yang terletak di New Mexico pada Rabu (29/5).

Dilansir ABC News, seorang pilot dilaporkan selamat menekan pelontar di kursi pesawat. Namun demikian, dia harus  menjalani perawatan Rumah Sakit Universitas New Mexico dengan luka serius.

Pesawat F-35  ini sedang dalam misi pemindahan dari pabrik Lockheed Martin untuk diserahkan kepada mereka.

| Baca Juga: Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang, Tiga Korban Tewas

Pabrik Lockheed Martin mengatakan pesawat nahas itu  sedang dalam perjalanan dari Fort Worth, Texas, ke Pangkalan Angkatan Udara Edwards di California. Pesawat jatuh setelah mengisi bahan bakar di Pangkalan Angkatan Udara Kirtland di New Mexico.

“Pilot berhasil keluar dengan selamat,” kata Lockheed Martin dalam sebuah pernyataan.

Sementara Letnan Penyelamat Kebakaran Albuquerque Jason Fejer, yang merupakan petugas informasi publik untuk departemen tersebut, mengatakan mereka mulai menerima laporan tentang dugaan pesawat jatuh sebelum pukul 14.00 waktu lokal.

| Baca Juga: 5 Fakta Jatuhnya Pesawat Kargo Smart Air. Pilot Ditemukan Selamat!

Fejer membenarkan bahwa pilotnya berhasil keluar dan dibawa ke rumah sakit dengan cedera serius. Departemen tersebut juga mengatakan ada dua warga sipil lainnya yang diperiksa dan dievaluasi di tempat kejadian, namun tidak ada yang dibawa ke rumah sakit.

Fejer mengatakan api telah padam dan kru sedang dalam proses membersihkan lokasi kejadian. “Bersyukur atas tindakan cepat para petugas pertolongan pertama yang tiba di lokasi kejadian. Berdoa untuk pilotnya,” kata Wali Kota Albuquerque Tim Keller. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here