Buku Endgame Buat Geger Keluarga Kerajaan Inggris

Foto: Dok. Instagram @sussexroyal @_kate_middleton_royal

Sebuah buku karya jurnalis asal Inggris, Omid Scobie menuai kontroversi. Buku berjudul Endgame itu, diperkirakan bisa menambah ketegangan antara Pangeran Harry-Meghan Markle dengan Pangeran William-Kate Middleton. Dalam buku tersebut, penulis mengklaim, bila Harry dan Meghan merasa sedih dan kecewa terhadap keluarga Pangeran Wales.

Dilansir dari Express, Endgame karya Scobie ini sebenarnya menceritakan hasil penyelidikan tentang keadaan Inggris saat ini. Mulai dari raja yang memimpin tidak populer, pewaris takhta yang haus kekuasaan, ratu yang selalu mempertahankan image-nya, dan pangeran yang terpaksa memulai hidup baru setelah dikhianati oleh keluarganya.

Dilansir dari DailyMail, Omid Scobie mengatakan bila pasangan Sussex dan pasangan Wales itu belum pernah berbicara lagi, sejak adanya ketegangan di keluarga Istana. Ditambah lagi, adanya pernyataan eksplosif Pangeran Harry-Meghan saat diwawancara Oprah Winfrey, pada Maret 2021 lalu. Dimana keduanya mengatakan bila salah satu anggota keluarga kerajaan—yang tak disebutkan namanya—telah berkomentar rasis terhadap warna kulit anak pertama mereka, Archie.

| Baca Juga: Halloween tanpa Kostum Halloween ala Pangeran Harry dan Meghan Markle

Omid Scobie. Foto: Dok. Luke Fontana

Dalam bukunya, Scobie pun menjawab pertanyaan kontroversial, tentang siapa yang memberikan komentar rasis kepada anak Pangeran Harry-Meghan. Ia menulis, bila anggota kerajaan yang berkomentar soal warna kulit Archie, terungkap di dalam beberapa surat Meghan Markle ke Raja Charles III.

Scobie juga menyampaikan, bahwa Raja Charles III mendorong Meghan untuk mau menyampaikan apa yang dia rasakan ke Kate Middleton. Namun sayangnya, baik Pangeran Harrry, Pangeran William dan istri mereka, belum mau berkomunikasi hingga saat ini. Pada waktu itu keluarga Wales hanya memberikan respon singkat. Satu-satunya komentar yang muncul, disampaikan oleh Pangeran William. Dia mengatakan, “Kami bukanlah keluarga yang rasis”.

Scobie juga mengatakan bahwa Pangeran William menuduh adiknya ‘membelot’ ke Amerika. Ia menganggap saudara laki-lakinya itu sebagai ‘orang luar’, dan ingin menjauhkan diri dari Duke of Sussex. Pangeran William juga sudah sejak awal tidak setuju dengan pernikahan adiknya dengan Meghan. Terlebih saat Pangeran Harry-Meghan merilis memoar yang berisi tentang kehidupannya. Seakan makin memperlebar kesenjangan yang sudah semakin membesar antara mereka berdua.

| Baca Juga: Ini Kerugian yang Terjadi Bila Harry dan Meghan Memutuskan Bercerai

Namun buku tersebut juga mengindikasikan, bahwa Harry mungkin sudah siap untuk rekonsiliasi dengan keluarganya. Dimana disitu Pangeran Harry mengatakan, “Saya siap untuk melupakan. Mendapatkan permintaan maaf atau penjelasan? Pada saat ini, siapa yang peduli, kan?”

Semoga dengan dirilisnya buku Endgame ini, tidak memberi dampak buruk pada keluarga kerajaan. Karena keadaan sepertinya mulai mencari, mengingat beberapa hari lalu, Pangeran Harry akhirnya menghubungi ayahnya, Raja Charles II untuk mengucapkan selamat ulang tahun. (int/ika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here