Saham HYBE Anjlok Usai BTS Umumkan Hiatus, Ini Penyebabnya!

Harga saham HYBE anjlok 25%, rugi Rp 25,3 triliun (Foto: instagram/bts.bighitofficial)
Harga saham HYBE anjlok 25%, rugi Rp 25,3 triliun (Foto: instagram/bts.bighitofficial)

Dunia K-Pop kembali digemparkan dengan skandal baru. Agensi boyband fenomenal BTS, HYBE, tersandung kasus dugaan insider trading (perdagangan orang dalam).

Tiga orang karyawan afiliasi HYBE resmi didakwa oleh jaksa Korea Selatan pada Kamis (28/6). Ketiga karyawan tersebut diduga telah menjual saham HYBE sebelum pengumuman hiatus BTS pada 14 Juni 2022.

Keputusan BTS untuk hiatus sontak membuat harga saham HYBE anjlok 25 persen saat pembukaan pasar, dan membuat nilai kapitalisasi HYBE menyusut hingga 2 triliun won (sekitar Rp 24,2 triliun).

Jaksa pun menduga ketiga karyawan tersebut sebelumnya telah memiliki informasi terkait rencana hiatus BTS. Aksi mereka menjual saham sebelum pengumuman resmi diduga untuk menghindari kerugian finansial.

| Baca Juga : Eksekutif Remehkan Jimin BTS, Geffen Records Minta Maaf

Nilainya pun diperkirakan mencapai antara $24.000 hingga $108.000 (sekitar Rp 356 juta hingga Rp 1,6 miliar).

Menurut keterangan dari Kantor Kejaksaan Distrik Selatan Seoul yang dikirimkan ke AFP, ketiga karyawan tersebut telah bekerja selama 8-10 tahun sejak debut grup tersebut. Hal ini membuat mereka memiliki akses ke informasi penting.

Ketiga karyawan tersebut diketahui bekerja di tim produksi yang menangani pembuatan video musik, tata rias dan busana BTS, serta tim perencanaan protokol.

Rencana HYBE terkait pengumuman hiatus BTS pada tahun 2022 dikategorikan sebagai informasi penting yang tidak diumumkan. Pasalnya bersifat rahasia yang hanya diketahui oleh pejabat tinggi dan sedikit personel terkait pekerjaan.

| Baca Juga : Kim Woo Bin Beli Gedung Lawas Agensi BTS, ARMY Sedih

Lantas Kejaksaan Korea Selatan menegaskan akan menindak tegas penggunaan informasi rahasia oleh orang dalam perusahaan (insider trading) yang dapat mengganggu keadilan perdagangan saham.

Meski mengalami banyak kerugian, kini harga saham HYBE pun mengalami kenaikan tipis sebesar 0.30 persen di Seoul pada Kamis kemarin.

Kini keenam member lainnya, J-Hope, V, RM, Jimin, Jung Kook, dan Suga, diketahui masih menjalani wajib militer. Rencananya, BTS baru akan aktif kembali sebagai group pada Juni 2025. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here