Panas Ekstrem, Kepala Patung Abraham Lincoln Meleleh

Saking panasnya, patung lilin ikonin Presiden Abraham Lincoln sampai kehilangan kepalanya. (Foto: meisterdrucke/william jackman, ALLISON ROBBERT/THE WASHINGTON POST VIA GETTY )
Saking panasnya, patung lilin ikonin Presiden Abraham Lincoln sampai kehilangan kepalanya. (Foto: meisterdrucke/william jackman, ALLISON ROBBERT/THE WASHINGTON POST VIA GETTY )

Panasnya ibukota Amerika Serikat, Washington DC, begitu menyengat. Bahkan patung lilin Presiden Abraham Lincoln pun meleleh karena tak kuat menahan teriknya matahari.

Patung lilin seberat 1,360 kilogram yang dipajang di luar Sekolah Dasar Garrison mendadak meleleh pada minggu lalu. Usut punya usut, suhu udara beberapa waktu lalu nyaris menyentuh angka 40 derajat celcius.

Awalnya, kepala patung lilin Abraham Lincoln yang duluan meleleh, disusul salah satu kaki dan kaki sebelahnya. Demi keamanan, staf CulturalDC, organisasi non-profit yang mendanai pembuatan patung ini memutuskan untuk mengambil kepala Lincoln agar tidak jatuh dan pecah.

(Foto: ALLISON ROBBERT/THE WASHINGTON POST VIA GETTY )
(Foto: ALLISON ROBBERT/THE WASHINGTON POST VIA GETTY )

Melalui website mereka, CulturalDC menjelaskan kalau patung memiliki nama “40 Acres: Camp Barker” ini pada dasarnya memang akan meleleh seperti lilin dan berubah bentuk seiring berjalannya waktu. Tapi, pihaknya tak menyangka jika panas terik kali ini akan mempercepat melelehnya patung tersebut.

| Baca Juga: Karya Anak Bangsa, Patung Nalakala Dipamerkan di Ibiza Spanyol

Dengan rekor panas saat ini, Lincoln terlihat semakin terkulai di kursinya melebihi perkiraan!,” tulis mereka. “Semua lilin itu ‘rebah’ ke belakang karena menanggung beban berat tahun 2024 dan kondisi planet kita yang semakin panas.

Mengenai masa depan patung tersebut, pihak CulturalDC mengaku tidak bisa menjamin Lincoln akan duduk tegak dalam beberapa bulan mendatang. Mereka pun berkelakar, “Lagipula, siapa yang bisa tegak menghadapi panas seperti ini?

Tak pelak, patung lilin meleleh ini menjadi bahan lelucon di dunia maya. “Sama persis denganku, Lincoln… Sama persis…” tulis seorang netizen, sementara lainnya memposting foto patung leleh tersebut.

| Baca Juga : Panas Ekstrem, Monyet dan Burung Mati Berjatuhan di Meksiko

Untuk saat ini, pihak penyelenggara belum ada rencana untuk memperbaiki melelehnya patung Abraham Lincoln. Namun patung tersebut akan disingkirkan sebelum ajaran tahun baru pada Agustus ini dimulai.

Menariknya, ada beberapa kolektor dan galeri seni yang tertarik membeli patung ini, tapi belum ada keputusan pasti soal kemana perginya kepala patung Lincoln yang meleleh ini. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here