Jaylin Ye, Transgender China Pertama yang Main Series di Inggris

Aktris asal China, Jaylin Ye, telah mencatat sejarah sebagai pemeran transgender wanita pertama China yang muncul di series televisi Inggris, Dead Hot. (Foto: Xiaohongshu)
Aktris asal China, Jaylin Ye, telah mencatat sejarah sebagai pemeran transgender wanita pertama China yang muncul di series televisi Inggris, Dead Hot. (Foto: Xiaohongshu)

Aktris asal China, Jaylin Ye, telah mencatat sejarah sebagai pemeran transgender wanita pertama yang muncul di televisi Inggris. Sejarah itu ia buat setelah melakukan debutnya di serial Amazon Prime berjudul Dead Hot.

Dead Hot merupakan series thriller komedi dengan enam episode yang berkisah tentang teman dan detektif amatir, Jes dan Elliott. Keduanya diceritakan sedang menyelidiki hilangnya Peter, saudara kembar Jess, dan cintanya Si Elliott.

Dalam series tersebut, Jaylin memerankan karakter Karis, teman kuliah Elliott, yang bergabung dalam cerita di episode ketiga. Penampilan lucu Jaylin dalam series tersebut menuai banyak pujian lantaran berhasil mengundang gelak tawa para penonton.

Salah satu yang memuji kelucuannya dalam series itu adalah seorang pengulas Shannon Connellan di platform hiburan global Mashable. “(Dia) benar-benar lucu,” puji Shannon.

| BACA JUGA : 2 Tahun Menghilang, Aktris Seo Ye Ji Comeback Dengan Agensi Baru

Serial Dead Hot tayang perdana di Inggris dan Irlandia pada 1 Maret. Dalam masa produksinya, Jaylin menghabiskan sekitar enam minggu syuting di Liverpool untuk series tersebut pada musim panas lalu.

Jaylin menjadi contoh pertama yang tercatat dari karakter wanita transgender China dalam serial televisi Inggris. Trailer series itu yang menampilkan Jaylin bahkan diputar di layar raksasa di Times Square, New York, Amerika Serikat.

Aktris yang berasal dari Cina selatan, Jaylin Ye, mendapatkan perannya dalam drama hanya dengan satu audisi. (Foto: Xiaohongshu)
Aktris yang berasal dari Cina selatan, Jaylin Ye, mendapatkan perannya dalam drama hanya dengan satu audisi. (Foto: Xiaohongshu)

Menurut Jaylin, pencapaiannya itu membuktikan bahwa seorang imigran yang bahkan sekaligus transgender, dapat membuat dobrakan hingga mencapai arus utama.

“Sebagai seorang imigran, seorang wanita China dan seorang wanita transgender, saya merasa bahwa langkah ini signifikan secara historis, membuktikan bahwa orang-orang seperti kita dapat mencapai arus utama,” ucap Jaylin, dikutip dari South China Morning Post.

| BACA JUGA : Cerai Dari Ariana Grande, Dalton Gomez Kencani Aktris Amerika Ini

Jaylin yang berusia 20-an itu lahir dan tumbuh di China, tepatnya di provinsi Guangdong, China Selatan. Dirinya merupakan lulusan desain grafis yang memiliki gelar sarjana ganda dengan studi China.

Pada bulan Maret tahun lalu, Jaylin mendapatkan peran Karis dalam series Dead Hot hanya melalui satu kali audisi. Keberhasilannya itu, berkat bakat alami yang dimilikinya dalam humor.

Bahkan ia mendapat pujian tinggi selama melakukan casting series tersebut. Direktur casting mengatakan pada Jaylin, bahwa rekaman audisinya adalah satu-satunya yang membuat semua orang tertawa. Meskipun, karakter Karis awalnya ditulis sebagai cisgender (gender yang ditetapkan sesuai kelaminnya).

| BACA JUGA : Aktris Bridgerton 3, Nicola Coughlan Kumpulkan Donasi Untuk Palestina

“Tim Amazon tidak tahu saya transgender pada awalnya. Saya bersyukur saya mendapatkan peran itu karena penampilan saya, bukan identitas saya,” ujar Jaylin.

“Ini lebih penting bagi saya karena, sebagai seorang aktris, saya tidak ingin terbatas pada peran transgender,” imbuhnya.

Jaylin berharap, kelak dirinya dapat melanjutkan upayanya untuk meningkatkan representasi komunitas China dan transgender, dengan lebih mengeksplorasi potensinya di AS. Hal tersebut ingin ia lakukan berkat kesadaran bahwa dirinya merupakan orang China dan memiliki akar asli dari China.

“Akar saya adalah orang China, dan saya akan selalu berusaha untuk memasukkan elemen China ke dalam pekerjaan saya,”  tuturnya.

| BACA JUGA : 6 Aktris Korea Punya Foto Kelulusan Tercantik, No Oplas!

Jaylin bermimpi, suatu hari nanti dirinya dapat berdiri di panggung penghargaan dan memberi tahu semua orang bahwa dirinya merupakan orang China sepenuhnya.

“Saya akan memberi tahu semua orang bahwa saya adalah orang China asli,” ucapnya.

“Saya ingin menyampaikan pesan, ‘ayo akui saja, ada jutaan orang aneh di China.’ Mungkin suatu hari nanti aku akan menulis buku tentang ceritaku,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here