Wanita Legenda Dunia Penerbangan, Bette Nash Meninggal di Usia 88 Tahun

Bette Nash, pramugari terlama di dunia yang telah melayani penumpang di udara selama tujuh dekade. (Foto: AP/Dina Rudick)
Bette Nash, pramugari terlama di dunia yang telah melayani penumpang di udara selama tujuh dekade. (Foto: AP/Dina Rudick)

Bette Nash, legenda dunia penerbangan yang diakui sebagai pramugari terlama di dunia telah mengembuskan nafas terakhirnya. Dia meninggal di usianya yang ke-88 tahun.

American Airlines, tempat kerja Bette Nash, mengumumkan kematiannya di media sosial pada hari Sabtu (25/5/2024). Maskapai tersebut mencatat bahwa Nash menghabiskan hampir 70 tahun melayani pelanggan dengan hangat di udara.

“Kami berkabung atas meninggalnya pramugari Bette Nash yang telah menghabiskan tujuh dekade merawat pelanggan kami di udara,” tulis American Airlines di Instagram.

American Airlines menyebut, Nash memulai karier pramugarinya pada tahun 1957. Kariernya itu ia mulai di maskapai penerbangan Eastern Airlines yang telah berhenti terbang di tahun 1991. Serikat pekerja mencatat, bahwa Nash berbasis di wilayah Washington, DC.

| Baca Juga: Cetak Sejarah, Ed Dwight Jadi Orang Tertua Terbang ke Luar Angkasa

“Bette adalah legenda di Amerika dan di seluruh industri, (yang telah) menginspirasi generasi pramugari,” tulis American Airlines di Facebook. “Terbang tinggi, Bette. Kami akan merindukanmu,” pungkas mereka.

Nash menjalani profesinya di Eastern selama lebih dari 30 tahun. Posisi Nash di Eastern itulah yang akhirnya membawanya ke American Airlines, yang membeli banyak rute penerbangan Eastern pada tahun 1990.

“Bette akan selalu menjadi bagian integral dari sejarah kami, dan dia tidak akan dilupakan,” kata Asosiasi Pramugari Profesional APFA.

ABC News melaporkan bahwa Nash meghembuskan nafas terakhirnya pada 17 Mei lalu. Nash meninggal dalam perawatan rumah sakit, setelah diagnosis kanker payudara baru-baru ini.

| Baca Juga: Veteran Perang Dunia II Akhirnya Wisuda di Usia 100 Tahun

Dilansir dari The Associated Press, pramugari senior itu masih bekerja di American Airlines pada saat kematiannya, menurut juru bicara perusahaan penerbangan tersebut pada hari Selasa (28/5/2024).

Mendapatkan Rekor Pramugari Terlama

Nash lahir pada tanggal 31 Desember 1935, dan memulai karir pramugarinya pada usia 21 tahun. Pada Januari 2022, Guinness menobatkan Nash sebagai pramugari terlama di dunia setelah melampaui rekor yang ada satu tahun sebelumnya. Hingga kini, Nash masih memegang rekor itu.

“Saya ingin menjadi pramugari sejak saya pertama kali naik pesawat. Saya (saat itu) berusia 16 tahun. Pilot dan pramugari berjalan melintasi aula dan saya berpikir, Ya Tuhan. Saya mengatakan (kepada diri sendiri, bahwa pekerjaan) itu untuk saya,” kata Nash dalam wawancaranya bersama CNN pada tahun 2016, mengenang kekagumannya saat melihat para awak pesawat melewatinya.

| Baca Juga: Tega! Ibu di India Lempar Anak Kandung ke Sungai Penuh Buaya

Dalam wawancara yang sama Nash juga mengatakan, bahwa dirinya melamar pekerjaan untuk melayani penumpang di udara, setelah lulus dari perguruan tinggi. Kemudian, sisanya adalah sebuah sejarah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here