Tidak Ada Keterlibatan Keluarga Bupati dalam Kasus Vina Cirebon

Salah satu kuasa hukum keluarga Vina Cirebon, Hotman Paris Hutapea memberikan keterangan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (29/5). (Foto: Irfan/Nyata)
Salah satu kuasa hukum keluarga Vina Cirebon, Hotman Paris Hutapea memberikan keterangan dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (29/5). (Foto: Irfan/Nyata)

Hotman Paris Hutapea menegaskan bahwa keluarga Bupati Cirebon yang kerap diduga terlibat dalam kasus Vina adalah sebuah kekeliruan. Pengacara kondang itu mengonfirmasi bahwa isu tersebut tidaklah benar.

Hal tersebut diungkap Hotman sekaligus menghadirkan istri mantan Wakil Bupati Cirebon ketika kasus pembunuhan Vina terjadi delapan tahun yang lalu. Dia menyampaikan bahwa saat peristiwa terjadi, anak bupati yang dituduh terlibat, ternyata diketahui baru berusia sebelas tahun.

“Saya mengatakan ibu ini keluarganya terlibat, ternyata anaknya yang dituduh itu waktu kejadian masih umur sebelas tahun,” ujar Hotman sembari menampilkan sosok anak mantan bupati dalam Konferensi Pers, Rabu (29/5).

| Baca Juga: Terpidana Kasus Vina Cirebon bisa Diancam Pidana Perintangan Penyidikan

Hotman mengklaim bahwa, bila terdapat kasus kriminal dan pelakunya termasuk dalam daftar pencarian orang (DPO), maka periksa media sosialnya.

Dia bahkan mengungkap, dalam sejarah kasus kriminal pelaku DPO selalu menghubungi melalui media sosial atau kontak keluarganya. Hotman kemudian menyarankan, bila memang terdapat tuduhan kepada keluarga Bupati, cek medsosnya. 

“Ya memang saya pernah ngomong karena banyak di medsos kan, ada kata-kata katanya keluarga bupati, saya mengatakan dalam sejarah kriminil di seluruh dunia apalagi di Indonesia pelaku DPO selalu menghubungi keluarganya melalui medsos,” terang Hotman.

“Makanya waktu itu saya bilang, kalau memang ada tuduhan keluarga bupati terlibat, periksa medsosnya,” sambungnya.

| Baca Juga: Keluarga Vina Cirebon Minta Polisi Tidak Terburu-buru Tarik Kesimpulan

Nama Sunjaya Purwadi Sastra yang merupakan anak dari Bupati Cirebon memang kerap dikaitkan dengan peristiwa nahas yang menimpa Vina Dewi alias Vina Cirebon beberapa waktu belakangan ini. 

Dia telah muncul dan menampik kabar tersebut, bahkan dia juga mengatakan tidak terlibat di kasus Vina ketika hadir dalam konferensi pers yang dilangsungkan Hotman Paris pada, Rabu (29/05).

Secara terpisah, Sunjaya Purwadi Sastra mengatakan, pada saat kejadian 2016, dirinya duduk di bangku SD kelas 5. “Saya kelahiran 2004 bulan Oktober tanggal 15. Dan kejadian itu tahun 2016. Berarti pada saat itu saya umurnya masih sekitar 11 tahun, saya masih di bangku lima SD,” katanya yang dikutip dari tayangan salah satu media teve.

“Jadi kalau saya dibilang terlibat kasus ini sangat-sangat tidak mungkin,” sambungnya.

| Baca Juga: Hotman Sebut Penghapusan 2 DPO Vina Cirebon bersifat Prematur

Diketahui sebelumnya bahwa, pihak Polda Jawa Barat telah melangsungkan konferensi pers pada, Minggu (26/05) lalu.

Dalam konferensi pers yang menampilkan sosok Pegi Setiawan yang tercantum dalam daftar pencarian orang (DPO) tersebut, Polda Jawa Barat mengungkapkan bahwa seluruh tersangka pembunuhan Vina sudah berhasil diamankan.

“Perlu saya tegaskan, semua tersangka bukan sebelas tapi sembilan, sehingga DPO hanya satu,” ucap Dirkrimum Polda Jabar, Kombes Surawan dalam konferensi pers. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here