Keputihan Bikin Gatal, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi keputihan bikin gatal. (Foto: Freepik)
Ilustrasi keputihan bikin gatal. (Foto: Freepik)

Pernahkah kamu mengalami keputihan gatal setelah menstruasi? Meskipun haid telah selesai, sebagian perempuan justru pernah mengalami keputihan disertai rasa gatal di area kewanitaan.

Jangan panik. Keputihan setelah menstruasi merupakan hal yang wajar. Namun, jika keputihan berwarna putih kental, menggumpal, dan disertai rasa gatal, patut diwaspadai. 

Pada Sabtu (25/5/2024), dr. Kevin Mak melalui akun Instagram pribadinya @drkevinmak, seorang dokter sekaligus content creator kesehatan ini mengatakan kondisi ini bisa jadi karena adanya infeksi jamur pada Miss V.

| Baca Juga: Pentingnya Jaga Kesehatan Area Kewanitaan

Infeksi jamur ini biasanya disebabkan oleh beberapa kebiasaan buruk. Pertama, memakai pakaian dalam, jeans, atau legging yang terlalu ketat. Hal ini dapat membuat Miss V lembap dan mudah terinfeksi.

Kedua, mencuci Miss V hingga ke bagian dalam. Jika dilakukan secara berlebihan dapat menghilangkan bakteri baik yang menjaga kesehatannya, sehingga memudahkan bakteri dan jamur jahat untuk berkembang biak.

Ketiga, memakai pantyliner atau pembalut dalam waktu lama. Idealnya, pembalut harus diganti setiap 3-4 jam sekali saat menstruasi, dan pantyliner tidak boleh digunakan terlalu sering.

| Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Tips Memilih Pakaian Dalam yang Tepat

Cara Mengatasi Keputihan Gatal Setelah Haid

Keputihan disertai gatal setelah haid bisa terasa mengganggu. Maka dari itu ada beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Jaga kebersihan area kewanitaan

Cucilah area kewanitaan dengan air hangat dan sabun yang lembut dua kali sehari. Hindari penggunaan sabun pewangi atau sabun antiseptik karena dapat mengganggu keseimbangan pH vagina.

2. Gunakan pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari bahan katun. Pakaian dalam yang ketat dapat membuat area kewanitaan lembab dan meningkatkan risiko infeksi jamur.

3 . Hindari penggunaan produk kewanitaan yang mengandung bahan kimia keras

4. Ganti pembalut dan pantyliner secara teratur setiap 3-4 jam sekali, terutama saat menstruasi

5. Konsultasikan dengan dokter

Jika keputihan gatal disertai gejala lain seperti bau tidak sedap, rasa sakit saat buang air kecil, atau perdarahan di luar siklus menstruasi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here